Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Catut Nama Telkomsel, Jangan Sampai Tertipu

Hoaks mencatut nama Telkomsel banyak beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan. Biasanya hoaks ini menjanjikan hadiah menggiurkan dengan cara yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks mencatut nama Telkomsel banyak beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan. Biasanya hoaks ini menjanjikan hadiah menggiurkan dengan cara yang mudah.

Lalu apa saja hoaks terkait Telkomsel? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Internet Gratis Hari Kemerdekaan Indonesia 30 GB dari Telkomsel hingga XL

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan.

Klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL berupa tulisan sebagai berikut.

"Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Penawaran Khusus 30GB❤

Untuk Mengaktifkan Hari Kemerdekaan Spesial Internet Gratis 30GB klik disini👇

1. Telkomselhttps://www.mznxy.top/Telkomsel-30GB

2. XLhttps://www.mznxy.top/XL-30GB

3. THREEhttps://www.mznxy.top/Three-30GB

4. indosathttps://www.mznxy.top/indosat-30GB

5. AXIShttps://www.mznxy.top/AXIS-30GB

6. smartfrenhttps://www.mznxy.top/smartfren-30GB

7. Other Networkshttps://www.mznxy.top/Get-17th-30GB"

Saat tautan tersebut diklik masuk kehalaman sebuah situs yang mengarahkan untuk mengisi nomor ponsel dan mengarahkan untuk membagikan informasi tersebut.

Dengan kalimat seperti berikut.

"Users have taken advantage of this offer.

"If you want to Get Free 30GB Data.

Then click on the button given below. We are offering Free 30GB. Get Now and share it to all your family and friends. Note! this is limited time offer."

Benarkah klaim penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB dari Telkomsel hingga XL? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Telkomsel Bagikan Hadiah untuk Rayakan Ulang Tahun ke-60

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai yang mengiming-imingi hadiah dari Telkomsel dalam rangka ulang tahun ke-60. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Pesan berantai itu menyertakan tautan untuk diklik pengguna. Dalam tautan tersebut terdapat narasi:

"Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smartwatches and mobile devices

All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:

"Perayaan ulang tahun ke-60. Banyak hadiah yang sangat menarik, serta lebih dari 1.000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Yang harus kamu lakukan adalah membuka gift box yang benar. Kamu punya kesempatan tiga kali, semoga berhasil."

Lalu benarkah Telkomsel sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah melalui pesan berantai Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.