Literasi Media Penting Untuk Terhindar Dari Paparan Hoaks

Oleh Adyaksa Vidi pada 18 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 11:53 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya hoaks di media sosial membuat seluruh pihak harus kompak menghadapinya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono.

Perkembangan teknologi di era digital dan media sosial memudahkan seseorang dalam mendapatkan informasi. Namun tak sedikit yang kesulitan untuk memilih dan memilah informasi hingga terpapar hoaks.

Itu sebabnya masyarakat diminta untuk tak menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan dari media sosial.

"Menjadi tugas kita semua untuk memberi literasi, pemahaman informasi yang benar kepada masyarakat. Sebab akan menjadi bahaya, manakala informasi yang sesat justru dijadikan alat pembenaran,” ucap Ferry dilansir laman resmi DPRD Jateng.

"Fungsi pers juga sangat penting karena menjadi sumber berita yang terpercaya dalam menyampaikan kepada masyarakat. Literasi media juga menjadi sebuah keharusan dan kesadaran yang wajib dimiliki khalayak," ujarnya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya