Deretan Hoaks Judul Artikel Palsu Terbaru, Simak Faktanya

Oleh Adyaksa Vidi pada 17 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 18:00 WIB
ilustrasi Hoax
Perbesar
ilustrasi hoaks (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks memalsukan judul artikel berita kerap mencatut nama media massa ternama. Tentu hoaks ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kebingungan di masyarakat.

Lalu apa saja hoaks yang mengubah judul artikel berita terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Artikel Berjudul "Tak Diizinkan Mancing, Suami Lapor Istri ke Polisi"

Kabar tentang seorang suami melaporkan istrinya ke kantor polisi karena tidak diizinkan mancing beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 10 Agustus 2022.

Akun Instagram tersebut mengunggah gambar tangkapan layar sebuah artikel berita yang diklaim dari situs tvonenews.com berjudul "Tidak di izinkan Mancing, Seorang Suami Melaporkan Istrinya ke Kantor Polisi dengan Alasan Pelanggaran HAM".

Dalam artikel itu terdapat foto seorang pria tengah duduk diinterogasi seorang petugas kepolisian di sebuah ruangan.

"waduh buck, kalau si bapack ingin mancing ya diijinin aja lah, toh nanti kalau dapat ikan bisa jadi lauk dimakan sama-sama...😁😁," tulis salah satu akun Instagram.

Konten yang disebarkan akun Instagram tersebut telah 9.886 kali disukai dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Lalu benarkah postingan tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Cacar Monyet Menular dari Jarak 8 Km

Beredar di media sosial postingan judul berita yang mengklaim cacar monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 8 Km. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Juli 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan artikel berjudul "Monkeypox can live on door handles and toilet seats for 120 years and can infect anyone from 5 miles away" atau dalam Bahasa Indonesia "Cacar Monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 5 mil (8 Km)".

Postingan itu diklaim dari website bernama thejournal.ie.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Cacar Monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 8 Km? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Pedagang Tidak Perlu Kenal Puan

Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2022.

Akun itu menyertakan artikel dari Gelora News berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?".

Akun itu menambahkan narasi: "Pentingkah???"

Lalu benarkah postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya