Simak 5 Tips Tak Terjebak Pesan Berantai Janjikan Hadiah Menggiurkan

Oleh Adyaksa Vidi pada 17 Agu 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi Hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini marak sekali penipuan melalui postingan maupun pesan berantai yang mencatut nama perusahaan besar. Biasanya para oknum menyebarkan pesan berantai atau postingan ini melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Dalam pesan berantai dan postingan yang beredar kerap dijumpai sebuah link yang mengarahkan kita ke website tertentu.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak terjebak pesan berantai yang berujung penipuan. Berikut beberapa tipsnya:

1. Jangan pernah klik link di dalam pesan berantai, postingan, atau SMS dari sumber yang tidak dikenal. Biasanya link ini akan meminta data pribadi kita untuk dicuri.

2. Verifikasi keaslian pesan berantai itu langsung ke akun media sosial resmi atau website resmi nama perusahaan atau lembaga yang dicatut. Akun media sosial resmi biasanya sudah memiliki centang biru atau terverifikasi. Semua program, kuis, dan undian selalu diumumkan perusahaan atau brand yang namanya dicatut dalam akun resmi media sosial ini.

3. Menghubungi layanan pengaduan atau call center perusahaan atau lembaga yang namanya dicatut. Layanan pengaduan ini bisa melalui telepon, aplikasi percakapan, maupun email.

4. Jangan pernah meneruskan pesan berantai yang belum jelas kebenarannya. Program, kuis, atau undian resmi tidak pernah meminta konsumennya untuk meneruskan pesan berantai baik melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

5. Membuka website pemeriksa fakta seperti Cek Fakta Liputan6.com atau tanya langsung ke Chatbot Cek Fakta Liputan6.com melalui WhatsApp ke nomor 08119787670.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya