Deretan Hoaks Catut Nama Alfamart, Bagikan Uang Hingga Minyak Goreng

Oleh Adyaksa Vidi pada 17 Agu 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 14:04 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks catut nama Alfamart.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang mencatut nama Alfamart kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Alfamart? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Alfamart dan Alfamidi Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 14 Agustus 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Djoko Susanto CEO Alfamart & Alfamidi, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar dari warganet.

Benarkah Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Alfamart Bagikan Hadiah 100 Kemasan Minyak Goreng Rayakan Ulang Tahun ke-22

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Alfamart membagikan hadiah 100 kemasan minyak goreng isi 1 kilogram dalam merayakan ulang tahun ke-22. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Februari 2022.

Berikut isi postingannya:

"Pada tanggal 2 Maret kami akan menandai 22 tahun Alfamart, untuk merayakan kesempatan besar ini CEO kami Djoko Susanto telah memutuskan untuk melakukan sesuatu yang spesial untuk semua orang yang berbagi & berkomentar. Semua orang yang telah melakukan ini pada akhir Februari akan mendapatkan hadiah bucket Alfamart penuh dengan barang-barang termasuk 100 kemasan Minyak goreng isi 1Kg untuk dua orang!"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Alfamart akan membagikan hadiah 100 kemasan minyak goreng isi 1 kilogram untuk merayakan ulang tahun ke-22? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Alfamart Bagikan Hadiah Rayakan Pembukaan Toko ke-1000

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai menjanjikan hadiah dari Alfamart untuk merayakan pembukaan toko ke-1000. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai itu menyertakan tautan pada website tertentu. Di website terdapat narasi:

"Celebrating the opening of the 1,000th storeMore than 100 computers and mobile devices, and 50 cash prizes. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:"Merayakan pembukaan toko ke-1000. Lebih dari 100 komputer dan perangkat seluler, dan 50 hadiah uang tunai. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Lalu benarkah pesan berantai berisi informasi Alfamart sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dalam merayakan pembukaan toko ke-1000? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya