Sukses

Cek Fakta: Hoaks Alfamart dan Alfamidi Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Beredar kabar hoaks Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 14 Agustus 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Djoko Susanto CEO Alfamart & Alfamidi, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar dari warganet.

Benarkah Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram resmi yang dikelola Alfamart, yakni @alfamart.

Dalam salah satu unggahannya, akun Instagram @alfamart menyebut bahwa informasi Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta adalah hoaks dan modus penipuan.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @alfamart.</p>

"Hai Sahabat!!

Yuk tetap bijak dan waspada saat bersosial media terutama terhadap pihak yang mengatasnamakan Pihak #Alfamart dalam menyebarkan informasi tidak benar seperti yang tertera pada gambar berikut ini

Terkait dengan informasi penting serta pemberitahuan lainnya oleh Alfamart HANYA akan diberikan melalui situs dan Akun Media Social resmi yang tertera berikut ini :

- Website Alfamart : www.alfamart.co.id

- Facebook : www.facebook.com/alfamartku,

- Instagram : www.instagram.com/alfamart,

- Twitter www.twitter.com/alfamart,

- Tiktok https://www.tiktok.com/@alfamartku

- Nomor resmi WhatsApp Alfamart 0811- 1500 - 959.

Jika menemukan informasi serupa, Sahabat bisa melakukan konfirmasi kebenaran berita tersebut langsung ke salah satu media resmi yang tertera diatas atau juga dapat menghubungi ALFACARE di nomor telepon 1500 - 959 / email ke alfacare@sat.co.id

Stay Safe, Stay Healthy!" tulis akun Instagram @alfamart.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/ChTrQdDBngf/?hl=id

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut nama Alfamart dan Alfamidi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.