Kumpulan Hoaks Penampakan Alien dan UFO, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 16 Agu 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Agu 2022, 10:25 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim UFO Muncul di Tanah Abang (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim UFO Muncul di Tanah Abang (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta- Kabar penampakan alien dan UFO kerap beredar di tengah masyarakat. Hal ini tentu membuat penasaran, namun tidak semuannya benar.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar penampakan alien dan UFO, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan alien dan UFO.

Video Penampakan Alien Menginvasi India

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan alien menginvasi India, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2022.

Klaim video penampakan alien menginvansi India berupa video dua orang mengendarai sepeda motor kemudian bertemu dengan sosok sedang berjalan tersorot lampu kendaraan tersebut.

Selain video, klaim tersebut juga mengunggah foto yang menampilkan sejumlah sosok berkepala dan mata besar.

Video dan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"India

Makhluk aneh dengan anggota badan yang panjang muncul di sebuah jambatan yang terletak di Jharkhand, India. Kejadian aneh itu mengejutkan warga yang melintas di tempat itu dan ada yang merekam video kejadian yang menjadi viral.

Pengguna medsos membandingkan watak itu dengan wanita telanjang, walaupun mereka kebanyakan percaya bahawa ia adalah makhluk asing. Yang lain menganggap bahwa itu bisa jadi monster, jadi mereka meminta NASA untuk memberi komen mengenainya. 🤪

09.06.2021

#ClimateChange

Acara Alien Invasion sudah di mulai..."

Benarkah klaim video penampakan alien menginvasi India? Simak hasil penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video UFO Muncul di Tanah Abang

Sebuah video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 Juli 2022.

Video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan sejumlah warga memenuhi sebuah jalanan. Tak hanya warga, ada juga petugas kepolisian berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Seketika, muncul benda mirip UFO di atas langit. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar UFO muncul di Tanah Abang.

"UFO sudah satu jam lebih berada diatas daerah Tanah Abang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 396 ribu kali ditonton dan mendapat 845 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu UFO muncul di Tanah Abang? Berikut penelusurannya di sini.

 


Video Penampakan UFO dari Balik Awan

Video yang diklaim sebagai penampakan UFO beredar di media sosial. Video ini diunggah akun Facebook Wiryono Sudianto pada Rabu 22 Juli 2020.

Akun Facebook Wiryono Sudianto mengunggah empat buah video yang diklaim sebagai penampakan UFO di langit. Dalam salah satu video, tampak sebuah benda bulat bercahaya muncul dari balik awan.

Peristiwa tersebut kemudian diklaim oleh akun Facebook Wiryono Sudianto sebagai penampakan UFO.

"👽👽👽

JΩMβΔΠG

4 Video penampakan UFO.

Ada Shuttle/Personnel Transport Shipnya juga lho.

Ini baru Video/Info Penampakan UFO kelas A1 bukan abal² dan copasan.

Terserah mau dibilang apa. Silakan saja dicek keasliannya. Buat saya ini ASLI UFO.1

Yang Pink Tosca itu Middle Class Transport.

Setidaknya cerita saya kepada beberapa orang dalam waktu 1 bulan terakhir bahwa saya pernah bertemu dan ngobrol langsung dengan Alien dijawab oleh Alien langsung.

CJ RΨΩΠ

ѕтar coммander

👽👽👽," tulis akun Facebook Wiryono Sudianto.

Video yang disebarkan akun Facebook Wiryono Sudianto telah 469 kali dibagikan dan mendapat 183 komentar warganet.

Benarkah diklaim sebagai penampakan? Simak hasil penelusurannya di sini

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya