Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Penampakan Hewan Armadillo Berkepala Manusia

Beredar foto yang diklaim penampakan hewan armadillo berkepala manusia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim penampakan hewan armadillo berkepala manusia beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto makhluk berkaki empat, memiliki punggung mirip armadillo, dan berkepala manusia.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan penemuan hewan langka jenis armadillo dan memiliki kepala manusia.

"Unik Dan Langka, Potret Penemuan Hewan Armadillo Memiliki Bentuk Kepala Seperti Manusia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 54 kali dibagikan dan mendapat 177 komentar dari warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan penampakan hewan armadillo berkepala manusia? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim penampakan hewan armadillo berkepala manusia. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Photos of Italian artwork viral as ‘dangerous animal’ lurking farms at night" yang dimuat situs deccanherald.com pada 25 September 2020.

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Deccanherald.com.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut merupakan karya seni dari seniman bernama Laira Maganuco asal Italia. Karya seni tersebut terbuat dari silikon.

Pada 3 Oktober 2018, Maganuco membagikan video karya seninya bersama dengan gambar yang menjadi viral di Facebook. Dia menulis bahwa karya seni silikon itu dari versi hibrida dari Armadillo. Gambar dari karya seninya itu telah dibagikan di halaman Instagram Mganuco.

 

Referensi:

https://www.deccanherald.com/national/fact-check-photos-of-italian-artwork-viral-as-dangerous-animal-lurking-farms-at-night-893051.html

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim penampakan hewan armadillo berkepala manusia ternyata tidak benar. Foto makhluk tersebut merupakan karya seni berbahan silicon dari senimal asal Italia, Laira Maganuco.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.