Ragam Hoaks Seputar Transjakarta, Buka Lowongan Kerja hingga Bus Warisan Ahok

Oleh Adyaksa Vidi pada 11 Agu 2022, 13:01 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 14:54 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang perusahaan mana saja, tak terkecuali PT Transjakarta. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu, apa saja hoaks seputar Transjakarta? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Postingan Foto Bus Transjakarta Ini Peninggalan Ahok

Beredar di media sosial posting-an foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Posting-an itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mem-posting-nya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Agustus 2021.

Dalam posting-annya terdapat foto bergambar bus Transjakarta yang tidak terawat di atas sebuah rumput. Postingan itu disertai narasi:

"Bus rongsok Trans Jakarta peninggalan Ahok produksi China, kapan dicat ulang???"

Lalu, benarkah posting-an foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks PT Transjakarta Buka Lowongan Kerja untuk Ratusan Pengemudi

Beredar di media sosial postingan yang berisi informasi soal lowongan di PT Transjakarta. Posting-an ini ramai dibagikan sejak awal bulan kemarin.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Anton Codet. Dia mengunggahnya di Facebook pada 23 November 2020.

Dalam posting-an tersebut berisi informasi soal PT Transjakarta yang membuka lowongan bagi ratusan pengemudi bis, satpam, hingga petugas cuci bus.

Selain itu, disebutkan pula persyaratan bagi calon pelamar dengan posisi masing-masing. Alamat untuk mengirim berkas lamaran juga dicantumkan dalam posting-an tersebut.

Lalu benarkah PT Transjakarta sedang membuka lowongan kerja saat ini? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya