Pesan Berantai Hoaks Sepekan: Surat Panggilan Seleksi Pegawai BNI Hingga Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama BRI

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 09 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 19:00 WIB
ilustrasi Hoax
Perbesar
ilustrasi Hoax {Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Satu di antaranya pesan berantai yang diklaim surat pemanggilan seleksi pegawai PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Informasi surat panggilan seleksi pegawai BNI memuat sejumlah keterangan, seperti pernyataan kelulusan untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya, imbauan kelengkapan yang dibawa saat proses seleksi dan permintaan biaya akomodasi selama mengikuti seleksi.

Dalam surat tersebut peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi tahap berikutnya diarahkan untuk menlakukan reservasi tiket transprotasi dan registrasi pesrta tes interview, dengan mengisi data probadi dan mengirimnya ke nomor yang sudah dicantumkan lewat WhatsApp.

Namun setelah ditelusuri, pesan berantai berisi informasi surat pemanggilan seleksi pegawai BNI ternyata tidak benar.

BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai.

Selain surat panggilan seleksi pegawai BNI, terdapat pesan berantai hoaks liannya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hoaks Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI

Cek Fakta BRImo
Perbesar
Cek Fakta pesan berantai link pendaftaran BI Fast untuk nasabah BRImo.

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Juli 2022.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Khusus Nasabah BRI yang sudah terdaftar di BRImo. Sobat BRI. Silakan daftar BI FAST di BRImo nikmati murahnya transaksi.

- Transfer Antar Bank hanya Rp.2.500

- Tarik Tunai di Mesin ATM Bank lain Rp.2.500

+ Gratis Biaya Notif SMS BRI Info lebih lanjut tentang pendaftaran BI Fast Brimo silakan menu daftar di bawah ini...!!"

Setelah ditelusuri, pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo adalah hoaks. Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto. Ia menyebut pesan berantai yang beredar tersebut tidak benar.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya