Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Postingan Foto Bus Transjakarta Ini Peninggalan Ahok

Beredar di media sosial postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Agustus 2021.

Dalam postingannya terdapat foto bergambar bus Transjakarta yang tidak terawat di atas sebuah rumput. Postingan itu disertai narasi:

"Bus rongsok Trans Jakarta peninggalan Ahok produksi China, kapan dicat ulang???"

Lalu benarkah postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto identik dalam artikel Liputan6.com berjudul "FOTO: Begini Penampakan Kuburan Bus Transjakarta di Bogor" yang tayang pada 28 Juli 2019.

Pencarian dilanjutkan dan Cek Fakta Liputan6.com menemukan artikel berjudul "Dishub DKI Akan Gugat Pemasok Bus Transjakarta Mangkrak di Bogor" yang tayang pada 28 Juli 2019.

Di sana terdapat penjelasan dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu, Syafrin Liputo. Ia menyebut bus-bus itu bukan milik Pemprov DKI, baik Dinas Perhubungan maupun PT Transjakarta.

"Bukan milik Pemprov, tapi milik penyedia tahun 2013," kata Syafrin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (28/7/2019).

Pemprov DKI saat ini bahkan berencana menggugat perusahaan penyedia bus Transjakarta pengadaan tahun 2013 itu. Pasalnya, perusahaan-perusahaan itu tidak mengembalikan uang muka pengadaan bus yang telah dibayarkan Pemprov DKI pada 2013 lalu.

DKI diketahui sudah memutus kontrak pengadaan bus dan menagih uang muka tersebut sejak 2017 lalu, namun hingga kini tidak pernah dibayarkan oleh perusahaan itu.

"Dishub sudah berupaya melakukan penarikan sejak 2017," ucapnya.

Syafrin menjelaskan, kasus itu berawal saat Pemprov DKI melakukan pengadaan bus Transjakarta tahun 2013. Proyek tersebut dinyatakan bermasalah.

Diketahui, Kejaksaan Agung menemukan adanya dugaan korupsi dalam pengadaan bus Transjakarta pada 2013. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu, Udar Pristono dinyatakan bersalah.

Sumber:

https://www.liputan6.com/photo/read/4023608/foto-begini-penampakan-kuburan-bus-transjakarta-di-bogor?page=6

https://www.liputan6.com/news/read/4023765/dishub-dki-akan-gugat-pemasok-bus-transjakarta-mangkrak-di-bogor

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto sejumlah bus Transjakarta tak terawat yang diklaim sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah tidak benar. Faktanya bus tersebut para penyedia yang bermasalah tahun 2013.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.