Ragam Hoaks Catut Nama Toyota, Bagikan Jam Tangan Hingga Alphard

Oleh Adyaksa Vidi pada 07 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 12:55 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks catut nama Toyota.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa mencatut perusahaan mana saja tak terkecuali Toyota. Hoaks ini biasanya berupa iming-iming hadiah menggiurkan melalui cara yang mudah.

Lalu apa saja hoaks terkait Toyota? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Toyota Indonesia Bagikan Dua Mobil Alphard Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77

Beredar di media sosial pesan berantai yang menyebut Toyota Indonesia sedang membagikan dua mobil Alphard dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Agustus 2022.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, kami akan memberikan secara acak kepada 2 orang di facebook mobil toyota Alphard terbaru 2022,Yang berhasil mengetik (MERDEKA) .silahkan kunjungi 👉 https://sites.google.com/view/berbagi- mobil2022/halaman-muka untuk validasi entri anda! Sebelum tanggal 17 agustus."

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Toyota Indonesia sedang membagikan dua mobil Alphard dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Bagikan Mobil Corolla dari Toyota

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah sebuah mobil Corolla dari Toyota. Pesan berantai ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat narasi: "100 th anniversary celebration. 100 th anniversary, 2,022 gift, let us celebrate 2022 together"

Saat diklik tautan tersebut mengarah pada website dengan narasi:

"Congratulations! Toyota 100th anniversary celebration!

Through the questionnaire, you will have a chance to get Toyota Corolla"

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah mobil Corolla dari Toyota? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah Rayakan Ulang Tahun ke-100 Toyota

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota. Pesan berantai ini beredar sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai terdapat narasi: "100 th anniversary celebration. Everyone can get free gift". Selain itu juga terdapat tautan: http://559992.xyz/toyota-bx/?t=1618455542287.

Saat diklik tautan tersebut mengarah pada website dengan narasi:

"100th anniversary celebration. Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya