Sukses

Hoaks Seputar Rokok, dari Hilangkan Efek Vaksin sampai Ramuan Pembersih Paru-Paru

Berikut kumpulan hoaks seputar rokok.

Liputan6.com, Jakarta - Rokok menjadi salah satu sumber penyakit yang masih dikonsumsi sebagian masyarakat, hoaks seputar olahan tembakau tersebut pun beredar di media sosial.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar rokok, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar rokok.

Cara Hentikan Lonjakan Protein dengan Rokok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim cara hentikan lonjakan protein dengan rokok. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Agustus 2022.

Unggahan klaim cara hentikan lonjakan protein dengan rokok berupa tulisan sebagai berikut.

"Ada cara menggunakan nikotin untuk menghentikan perkembangan lonjakan protein agar tidak berkembang biak dan merusak sistem organ dalam..

CARANYA :

1. BELI ROKOK.. Bukan TEMBAKAU

2. KELUARKAN TEMBAKAU ROKOK DALAM 2 ATAU 3 BATANG

3. RENDAMKAN TEMBAKAU DENGAN AIR PANAS DAN PERAS TEMBAKAU SAMPAI AIR BERUBAH WARNA HITAM

4. JIKA PERLU TAMBAHKAN AIR JIKA TERLALU HITAM. SAAT AIR HANGAT SUDAH BISA DIMINUM

5. MINUM HANYA SETENGAH SENDOK DAN YANG TIDAK BIASA AKAN MERASA SEDIKIT MUAL DAN Pusing. MAKAN YG MANIS UTK MENGHILANGKAN PUSING

6. MINUM 3 KALI SEHARI DAN LAKUKAN TERUS MENERUS SELAMA 3 HARI. INSHALLAH BISA MEMBANTU MENGHENTIKAN SPIKE PROTEIN

7. EFEKNYA KOTORAN KEHITAMAN SAAT BUANG AIR BESAR DAN BERBAU.

JANGAN TAMBAHKAN DOSIS LAGI...💉🔨

SELAMAT MENCOBA..."

Benarkah klaim cara hentikan lonjakan protein dengan rokok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Air Rebusan Bawang Merah, Kunyit, dan Jahe Bisa Bersihkan Paru Kotor Akibat Rokok

Klaim meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi cara membuat ramuan untuk membersihkan paru-paru akibat rokok. Ramuan itu antara lain bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa.

Mula-mula bawang merah diiris tipis, kemudian dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu, campurkan kunyit bubuk, irisan jahe, gula jawa, dan dua gelas air.

Kemudian bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, dimasukkan ke dalam gelas kemudian diminum sehari 1 kali.

"Obat untuk paru-paru yang kotor," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 421 kali ditonton dan mendapat 18 respons dari warganet.

Benarkah meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ramuan Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok

Beberapa waktu lalu beredar informasi ramuan herbal yang bisa membersihkan zat nikotin dan tar di paru-paru perokok. Unggahan ini disebarkan oleh salah satu akun Facebook dan memiliki narasai sebagai berikut.

"Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru

Wajib Bagi Para Perokok

Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.

Caranya:

1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.

2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.

3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.

4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkanampasnya.Baru campur madunya

5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.

Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno.”

Setelah ditelusuri, ramuan herbal yang beredar untuk membersihkan paru-paru perokok adalah salah. Faktanya, hal itu hanya mitos dan belum teruji secara klinis.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.