Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Penyelundupan 36 WTS dari China Tiba di Medan Maimun

Beredar video yang diklaim penyelundupan 36 WTS dari China tiba di Medan Maimun, Sumatera Utara. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim penyelundupan 36 wanita tuna susila (WTS) dari China tiba di Medan Maimun, Sumatera Utara beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 31 Juli 2022.

Video berdurasi 38 detik itu terlihat sejumlah wanita turun dari sebuah truk kontainer. Mereka terlihat memakai rok mini dan tank top berwarna putih.

Video tersebut dikaitkan dengan adanya penyelundupan 36 WTS dari China dan baru diturunkan di Medan Maimum.

"*Penyelundupan sebanyak 36 orang WTS (Wanita Tuna Susila) dari Cina ...... baru turun dari Kontainer di Medan Maimun, SUMUT. .......," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 72 kali ditonton dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video 36 WTS dari China diselundupkan dan baru saja tiba di Medan Maimun, Sumut? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim 36 WTS dari China diselundupkan dan baru saja tiba di Medan Maimun, Sumut.

Penelusuran mula-mula dilakukan dengan memasukkan kata kunci "acc logistic" di kolom pencarian Google Search. Sebab, ada tulisan ACC dan sebuah logo berwarna merah, kuning, dan hitam mirip di salah satu kaus orang yang ada dalam video.

Hasilnya, mengarah ke salah satu perusahaan logistik atau pengiriman barang di Indonesia, yakni ACC Logistik. Pada akun Instagramnya, @acc_logistik, ditemukan foto identik dengan truk yang ada dalam video. Foto truk tersebut berwarna kuning dan terdapat tulis di belakan body, yakni "TACINTO SAYANGNYO URANG".

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @acc_logistik.</p>

Liputan6.com juga menemukan logo berwarna merah, kuning, dan hitam di salah satu unggahan akun Instagram @yoelmen_goldenking. Logo yang identik dengan di video itu tersemat di sebuah truk berwarna kuning.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @yoelmen_goldenking.</p>

"Medan automotive festival 2022," tulis akun Instagram @yoelmen_goldenking pada 31 Juli 2022.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CVuJjpCF3RN/?hl=id

https://www.instagram.com/p/CgpNzHBDxJ3/?hl=id

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim 36 WTS dari China diselundupkan dan baru saja tiba di Medan Maimun, Sumut ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada kaitannya video tersebut dengan penyelundupan 36 WTS dari China. Video itu merupakan salah satu kegiatan dari pameran otomotif. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.