G20 Empower Dorong Upaya Kurangi Ketidaksetaraan Gender di Bidang Digital

Oleh Liputan6.com pada 28 Jul 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 20:00 WIB
G20
Perbesar
Dua menteri beberkan peran penting perempuan di hadapan delegasi G20 empower 2022. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - G20 Empower akan mendorong peningkatan keterampilan digital dan literasi digital yang dikhususkan untuk perempuan guna mengurangi ketidaksetaraan gender di dua bidang tersebut. Hal ini ditegaskan Mira Tayyiba Sekertaris Jendral (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam acara G20 Empower Third Side Event yang berjudul “Masa Depan Pekerjaan: Akselerasi, Peluang, dan Tantangan bagi Perempuan di Dunia Kerja dan Bisnis”, yang digelar secara virtual, Selasa (26/7), Mira mengatakan peningkatan lietrasi dan keterampilan digital akan jadi kerangka untuk mengukur kemajuan.

"Kita ingin meningkatkan literasi dan ketrampilan digital, dan ini akan digunakan sebagai kerangka untuk mengukur kemajuan, dan dengan ini dapat menutup atau mengurangi kesenjangan digital," ujarnya.

Mira yang juga merakap menjadi Chair atau ketua kelompok Ekonomi Digital (DEWG) Presidensi G20 Indonesia menegaskan, pihaknya akan memastikan kesenjangan gender di bidang digital akan mengecil.

Dengan hal ini juga, pihaknya butuh upaya kolaboratif antarpemerintah, industri dan juga pihak yang berkepentingan lainnya untuk mewujudkan tujuan tersebut.

G20 Empower juga harus memastikan perempuan bisa mengambil dan memanfaatkan kesempatan dari bantuan yang memadai. Seperti pelatihan dan akses untuk peningkatan keterampilan digital yang disediakan.

Menurut Mira, advokasi juga berperan penting selain hanya mengakses konektivitas dan peningkatan infrastruktur guna memastikan bahwa masyarakat bisa mengakses konektivitas sebagian dari konektivitas umat manusia.

Ada tiga isu prioritas yang disepakati oleh Presindensi G20 Empower yang bertemakan untuk mencaai transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan,d an tiga isu prioritas ini sejalan dengan tema besar Presidensi G20 Empower Indonesia “Recover Together,Recover Stronger.”

Mira meyebutkan tiga isu prioritas tersebut adalah pemulihan usai COVID-19 dan konektivitas, keterampilan dan literasi digital, serta arus data lintas batas dan arus data yang bebas berbasis kepercayaan.

Hinggis Leonanda/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/3019677/sekjen-g20-empower-kurangi-ketidaksetaraan-gender-bidang-digital

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya