Deretan Foto Hoaks Sepekan: Program Mata Najwa Bahas Penderita Diabetes hingga Eks Bos ACT Minta Sumbangan Beli Mobil Mewah

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 26 Jul 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 17:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim foto yang diklaim program Mata Najwa membahas penderita diabetes boleh mengonsumsi makanan manis beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 juli 2022.

Dalam unggahan itu juga terdapat gambar Najwa Shihab dan Aman Pulungan. Kedua Foto itu diberi keterangan sebagai berikut.

"Musuh utama diabetes! Kadar gula akan kembali normal dalam 3 hari," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Selain itu, postingan tersebut juga menyertakan tautan ke situs myroomapp.com. "Penderita diabetes boleh makan yang manis-manis! Musuh utama diabetes terungkap!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 356 kali dibagikan dan mendapat 131 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim program Mata Najwa membahas penderita diabetes boleh mengonsumsi makanan manis ternyata tidak benar. Faktanya, foto program Mata Najwa tersebut tidak ada kaitannya dengan penderita diabetes.

Selain foto program Mata Najwa membahas penderita diabetes, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Foto Eks Presiden ACT Minta Sumbangan untuk Beli Mobil Mewah

Cek Fakta ACT
Perbesar
Cek fakta postingan foto mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin sedang memegang kotak dengan narasi menerima sumbangan fakir miskin dan sisanya untuk beli mobil mewah dan gaji ratusan juta.

Beredar di media sosial postingan foto mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin sedang memegang kotak dengan narasi menerima sumbangan fakir miskin dan sisanya untuk beli mobil mewah dan gaji ratusan juta. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 Juli 2022.

Dalam postingannya terdapat foto Ahyudin sambil memegang kotak dengan tulisan:

"Menerima sumbangan untuk fakir miskin dan dhuafa. Sisanya untuk beli Alphard, Pajero, Crv dan gaji ratusan juta untuk saya! Semoga Varokah! Aksi Cepat Tajir"

Akun itu juga menambahkan narasi

"Sedekahnya Om.... Tante....Dijamin dihapus dosa²nya, dilancarkan rejekinya, dipercepat jodohnya, dikabulkan hajatnya, dan pasti masuk surga."

Setelah ditelusuri, postingan foto mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin sedang memegang kotak dengan narasi menerima sumbangan fakir miskin dan sisanya untuk beli mobil mewah dan gaji ratusan juta adalah tidak benar. Faktanya foto dalam postingan tersebut telah diedit.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya