Sukses

Kumpulan Hoaks Penyebab Penyakit Cacar Monyet, Bill Gates Hingga Vaksin AstraZeneca

Cacar monyet baru saja ditetapkan sebagai Darurat Kesehatan Global oleh WHO. Sayangnya, hoaks terkait penyakit itu juga mulai beredar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Cacar monyet baru saja ditetapkan sebagai Darurat Kesehatan Global oleh WHO. Sayangnya, hoaks terkait penyakit itu juga mulai beredar di masyarakat.

Lalu apa saja hoaks terkait cacar monyet? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Kandungan Adenovirus Simpanse di Vaksin AstraZeneca Sebabkan Cacar Monyet

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim cacar monyet disebabkan vaksin Covid-19 AstraZeneca karena mengandung adenovirus simpanse. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 11 Juni.

Klaim cacar monyet disebabkan vaksin Covid-19 AstraZeneca karena mengandung adenovirus simpanse berupa foto tulisan yang mengulas vaksin AstraZeneca dan pada tulisan "chimpanzee adenovirus" ditandai dengan lingkaran merah.

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Mengingat cacar monyet, orang-orang ingat bahwa va*sin anti-coronavirus AstroZeneca mengandung adenovirus simpanse"

Benarkah klaim cacar monyet disebabkan vaksin Covid-19 AstraZeneca karena mengandung adenovirus simpanse? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Bill Gates di Balik Merebaknya Penyakit Cacar Monyet

Kasus penyebaran cacar monyet (monkeypox) dilaporkan terus mengalami peningkatan di sejumlah negara. Berdarsarkan laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada 5 Juni 2022 ada 780 kasus terkonfirmasi cacar monyet di 27 negara non-endemik.

WHO memprediksi bahwa mungkin saja kasus cacar monyet jumlahnya lebih dari itu mengingat keterbatasan informasi epidemiologis dan laboratorium yang terbatas di beberapa negara.

Di tengah merebaknya kasus cacar monyet, terdapat informasi yang menyebut bahwa pendiri Microsoft Bill Gates di balik merebaknya penyakit tersebut.

Informasi itu disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Mei 2022. Akun Facebook tersebut menyebut bahwa Bill Gates adalah penyebab dari merebaknya cacar monyet.

"Bill Gates is behind the Monkey Pox Outbreak

#BillGates

#monkeypox," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah Bill Gates di balik merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah negara? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.