Hoaks Vaksin Covid-19 Sebabkan Meninggalnya Tokoh Terkenal, dari Pejabat sampai Musisi

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 14 Jul 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 14 Jul 2022, 09:00 WIB
Tangkapan layar klaim Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin,
Perbesar
Penelusuran informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini kabar duka meninggalnya sejumlah tokoh terkenal beredar di media sosial, penyebab kematiannya pun tak luput dari sorotan publik.

Di tengah suasana duka pun ada oknum yang menyebar hoaks penyebab meninggalnya para tokoh tersebut dikaitkan dengan vaksin Covid-19, hal ini tentu dapat menimbulkan kekhawatiran.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi meninggalnya sejumlah tokoh terkenal disababkan vaksin Covid-19, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks vaksin Covid-19 sebabkan meninggalnya tokoh terkenal.

1. Gitaris Senior Donny Suhendra Meninggal Akibat Vaksin

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gitaris senior Donny Suhendra meninggal akibat vaksin, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Juni 2022.

Unggahan klaim gitaris senior Donny Suhendra meninggal akibat vaksin, berupa tangkapan layar kicauan akun Twitter yang mengunggah foto seorang lelaki bersama seorang perempuan yang mengenakan pakaian medis.

Kicauan tersebut terdapat tulisan "Divaksn Tgl 24 Agustus 2021 Meninggal Dunia Tgl 19 Juni 2022

#Moderna"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"𝐊𝐨𝐫𝐛4𝐧 𝐥𝐚𝐠𝐢𝐆𝐢𝐭𝐚𝐫𝐢𝐬 𝐬𝐞𝐧𝐢𝐨𝐫 𝐃𝐨𝐧𝐧𝐲 𝐒𝐮𝐡𝐞𝐧𝐝𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥 𝐝𝐮𝐧𝐢𝐚"

Benarkah gitaris senior Donny Suhendra meninggal akibat vaksin? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tjahjo Kumolo Meninggal karena Vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin.

Informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Juli 2022. Unggahan tersebut berupa tangkapan layar cuitan salah satu akun Twitter sebagai berikut.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun.

Semoga husnul khatimah.

Untuk semuanya, yang mendapat

V4KSIN mRN4, segera check up

kondisi Pembuluh Darah dan Jantung.

Check MRA dan CT Jantung dan Pembuluh Darah."

Unggahan cuitan tersebut disertai dengan tautan artikel news.detik.com berjudul "Innalillahi, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalillahi...Lagi dan lagi korb4n mecin"

Benarkah informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena vaksin covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

 

 


Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins Meninggal karena Vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins meninggal karena vaksin Covid-19. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 April 2022.

Unggahan klaim Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins meninggal karena vaksin Covid-19. tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins meninggal dunia pada usia 50 tahun.

Bukti publik,serta informasi dari orang dalam,menunjukkan bahwa kemungkinan besar penyebab kematiannya adalah miokarditis yang diinduksi v4ks1nnnn c0b1d10tttt.Penggunaan narkoba mungkin telah memperburuk masalah sampai batas tertentu.

WAKE UP-ALL!!"

Benarkah klaim Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins meninggal karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya