Mitos Kesehatan Sepekan: Parasetamol Mengandung Virus Berbahaya hingga Buah Zuriat Tingkatkan Peluang Hamil

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 11 Jul 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 11 Jul 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
Ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya klaim parasetamol mengandung virus berbahaya Machupo. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya dengan narasi sebagai berikut:

"PERINGATAN Urgent: Hati-hati untuk tidak menggunakan Paracetamol yang datang ditulis P/500. Ini adalah Parasetamol baru, sangat putih dan mengkilap, mengandung “Machupo” virus, dianggap salah satu virus yang paling berbahaya di dunia dan dengan tingkat kematian yang tinggi. Silakan berbagi pesan ini, untuk semua orang dan keluarga dan menyelamatkan hidup dari mereka. Saya sudah melakukan bagian saya, sekarang giliran Anda."

Akun itu menambahkan narasi "Ojo baseng2 ngombe parasetamolKui diwoco.."

Namun setelah ditelusuri, informasi yang menyebut parasetamol mengandung virus berbahaya Machupo adalah tidak benar. Faktanya, Badan POM tidak pernah menemukan kandungan virus Machupo dalam produk obat.

Selain informasi parasetamol mengandung virus berbahaya Machupo, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Buah Zuriat Tingkatkan Peluang Hamil

Gambar Tangkapan Layar Klaim Mengonsumsi Air Rebusan Buah Zuriat Dapat Meningkatkan Peluang Hamil (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Klaim Mengonsumsi Air Rebusan Buah Zuriat Dapat Meningkatkan Peluang Hamil (sumber: Facebook).

Klaim tentang mengonsumsi air rebusan buah zuriat dapat meningkatkan peluang hamil beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa air rebusan buah zuriat ampuh meningkatkan peluang hamil.

"Yang punya keluhan seperma encer & tidak berkualiatas

Bisa rutin minum rebusan buah ini,alhamdulilah sudah banyak sekali suami istri yang susah mendapatkan momongna berhasil lantaran buah ini😊diimbangi doa, sisanya tawakal sama Allah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 38 kali direspons dan mendapat 14 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim tentang buah zuriat bisa meningkatkan peluang hamil ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya