Ragam Hoaks Pesan Berantai Janjikan Kuota Internet, dari WHO Hingga Whatsapp

Oleh Adyaksa Vidi pada 07 Jul 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2022, 13:35 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks janjikan kuota internet. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pesan berantai hoaks yang menjanjikan kuota internet kerap beredar di masyarakat. Pesan berantai itu tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang menjanjikan kuota internet? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Kuota Internet 50 Gb dari Whatsapp

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Juni 2022.

Berikut isi postingannya:

"Lihat ini, Gratis 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari dalam Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.* * Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*50gb006.online/?s=1"

Lalu benarkah pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai WHO Bagikan Kuota Internet Dalam Rangka Ulang Tahun ke-10

Beredar di media sosial pesan berantai yang menyebut WHO membagikan kuota internet gratis dalam rangka ulang tahun ke-10. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Dalam pesan berantai yang beredar juga ditautkan link dengan logo Whatsapp dan kepanjangan dari WHO. Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"World Health Organization

To celebrate our 10th anniversary we give 1000 GB of free internet

You can now get free internet bundle of 50GB (All Networks) valid for 90days in Celebration of WhatsApp Anniversary.

I Have Received Mine.Hurry before it's Exhausted

https://bosvip1.top/j/50G/?s=1"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim WHO membagikan kuota internet 1000 GB dalam rangka ulang tahun ke-10? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Pendaftaran Subsidi Pulsa 250 Ribu dan Kuota 75 GB dari Kemendikbud Periode Februari

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari.

"paket-data.my.id/?v=zubisi

KEMENDIKBUDProgram kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode February!"

Benarkah informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya