Pengguna Internet Makin Banyak, Masyarakat Perlu Budaya Dalam Bermedia Digital

Oleh Adyaksa Vidi pada 05 Jul 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Kecepatan Internet
Perbesar
Ilustrasi Internet (Photo created by stories on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tantangan di era digital seperti sekarang adalah menghilangnya budaya Indonesia dalam bermedia sosial. Itu sebabnya literasi digital diperlukan untuk menghindari hal tersebut.

Hal itu disampaikan dosen Universitas Muhammadiyah Malang Frida Kusumastuti dalam webinar Makin Cakap Digital untuk Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu. Ia menyebut selain budaya Indonesia yang hilang terdapat juga tantangan budaya digital lain seperti wawasan kebangsaan serta menipisnya kesopanan dan kesantunan.

Masalah lain yang diungkapnya adalah kurangnya toleransi dan penghargaan pada perbedaan. Tak lupa banyaknya hoaks yang disebabkan kurang pahamnya masyarakat dalam menyaring informasi yang hendak dibagikan di media sosial.

"Minimnya pemahaman akan hak-hak digital dan kebebasan berekspresi yang kebablasan juga menjadi persoalan," kata Frida.

"Masyarakat perlu memiliki budaya dalam bermedia digital. Yakni kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari," ujar Frida menambahkan.

Hingga tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta pengguna menggunakan media sosial. Jumlah ini setara dengan 61,8 persen dari total populasi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya