Deretan Foto Hoaks Sepekan: Anies Dengar Keluhan Warga Terlilit Utang hingga Wajah Orang Disuntik Vaksin Pfizer

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 05 Jul 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 19:00 WIB
ilustrasi Hoax
Perbesar
ilustrasi Hoax{Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu. Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 Juni 2022.

Dalam unggahannya terdapat foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Presiden Jokowi. Foto itu disertai narasi:

"Anies sebagai Gubernur Jakarta dengan sabar mendengarkan keluhan warganya yang tengah terlilit utang..."

Namun setelah ditelusuri, postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang adalah tidak benar.

Faktanya foto tersebut diambil saat Anies Baswedan bertemu Presiden Jokowi saat meninjau Wisma Atlet pada 26 Februari 2018.

Selain foto Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Wajah Orang Disuntik Vaksin Pfizer

Tangkapan layar klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer
Perbesar
Penelusuruan klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 23 Juni 2022.

Unggahan klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer menampilkan empat orang dengan bibir menyungging pada salah satu sisi saja, salah satu orang dalam foto itu adalah Justin Bieber.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pfizer smile"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim wajah akibat vaksin Pfizer ternyata tidak benar. Foto tersebut tidak terkait dengan penggunaan vaksin Pfizer, foto tiga orang pertama telah muncul sebelum munculnya Covid-19, sedangkan foto Justin Bieber dengan wajah mengalami Ramsay Hunt sindrom dan belum ada bukti terkait dengan vaksin COVID-19.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya