Lawan Hoaks Dunia Kesehatan, Tenaga Medis Harus Edukasi Dengan Bahasa Sederhana

Oleh Adyaksa Vidi pada 05 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 14:52 WIB
ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
ilustrasi hoaks di dunia kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap dokter dan tenaga medis bisa menjadi andalan melawan hoaks seputar dunia kesehatan. Apalagi belakangan hoaks terkait dunia kesehatan menyebar luas selama pandemi covid-19.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga 21 Juni 2022 lalu terdapat 2.197 isu hoaks terkait covid-19. Bahkan total sebarannya di media sosial mencapai 6.106.

Tentu hal ini sangat merugikan di tengah usaha pengendalian pandemi covid-19. Banyaknya hoaks tidak lepas dari pengetahuan masyarakat yang awam terkait isu kesehatan.

"Para dokter harus menjawab pertanyaan awam, berhadapan dengan masyarakat umum, berhadapan dengan hoaks. Mereka harus menyampaikan edukasi di dalam segala macam pertemuan baik itu pertemuan fisik maupun digital," ujar Anies dilansir Antara.

"Penting bagi dokter untuk menyampaikan edukasi terkait dengan ilmu kedokteran dengan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami masyarakat awam. Saya mengusulkan porsi komunikasi sebagai bagian yang harus dimiliki oleh mereka yang berada di dalam dunia medis," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya