Cek Fakta: Tidak Benar Video Penampakan Ikan Humanoid Ditangkap di Laut China Selatan

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 04 Jul 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 21:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Penampakan Ikan Humanoid Ditangkap di Laut China Selatan (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Penampakan Ikan Humanoid Ditangkap di Laut China Selatan (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim penampakan ikan humanoid ditangkap di laut china selatan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 Maret 2020.

Dalam video berdurasi 2 menit 37 detik itu, tampak makhluk berkepala ikan dan bertubuh manusia. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan penampakan ikan humanoid yang ditangkap di laut china selatan.

"TV Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan, dengan tangan dan kaki, dan seseorang dengan dada dan perut yang sama, dan para nelayan ketakutan dengan keringat dingin. Sekarang telah diserahkan ke departemen penelitian ilmiah untuk melihat apakah itu adalah makhluk atau spesies mutan yang belum pernah ditemukan manusia. šŸ‘‡

Dunia nyata sedang berubah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1,8 juta kali ditonton dan mendapat 2.100 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan penampakan ikan humanoid yang ditangkap di laut china selatan? Berikut penelusurannya.

Ā 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ā 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim penampakan ikan humanoid ditangkap di laut china selatan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Was a Real Mermaid Found in India?" yang dimuat situs snopes.com pada 19 Desember 2017 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs snopes.com.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa makhluk yang diklaim sebagai ikan humanoid dalam video itu merupakan karya seni dari seorang seniman di Myanmar.

Karya seni itu dibuat dari kayu dan serat fiber. Karya seni tersebut juga menggunakan mesin (motor) di bagian tenggorokan, untuk membuatnya terlihat natural, mirip makhluk yang sedang bernapas.

Ā 

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/real-mermaid-found-india/

Ā 


Kesimpulan

Video yang diklaim penampakan ikan humanoid ditangkap di laut china selatan ternyata tidak benar. Faktanya, makhluk yang diklaim sebagai ikan humanoid dalam video itu merupakan karya seni dari seorang seniman di Myanmar.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya