Waspada, Pesan Berantai Hoaks Janjikan Bantuan Sosial Tunai Catut Nama Bank DKI

Oleh Adyaksa Vidi pada 30 Jun 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 14:28 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks Bank DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Bank DKI mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pesan berantai yang menjanjikan pencairan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan Juni 2022. Pesan berantai itu ramai dibagikan melalui aplikasi percakapan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai yang beredar masyarakat diminta untuk membalas chat sebagai tanda aktifnya rekening Bank DKI. Setelah itu masyarakat juga diminta untuk mengisi formulir seperti data pribadi.

Bank DKI melalui postingan akun Instagramnya telah membuat penjelasan terkait pesan berantai yang beredar tersebut.

"Kepada Nasabah Bank DKI yang terhormat, hati-hati terhadap informasi pencairan Bantuan Sosial yang mengatasnamakan Bank DKI. Informasi terkait pencairan Dana BST dan program bantuan sosial lainnya, dapat mengunjungi laman website resmi Dinas Sosial DKI Jakarta di https://dinsos.jakarta.go.id/, akun sosial media resmi @dinsosdkijakarta dan @bank.dki atau menghubungi call center Dinas Sosial DKI Jakarta," bunyi postingan itu.

Selain itu Bank DKI juga memberikan nomor call center Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta yakni sebagai berikut:

"Admin Dinas Sosial 1: (021) 4265115Admin Dinas Sosial 2: 082111420717Pusdatin Jamsos: (021) 22684824"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bank DKI (@bank.dki)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya