Lawan Hoaks, Masyarakat Diimbau Sebarkan Informasi Benar di Media Sosial

Oleh Adyaksa Vidi pada 29 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 12:11 WIB
Ilustrasi Hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks covid-19. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya hoaks saat pandemi covid-19 tentu menganggu pengendalian pandemi itu sendiri. Itu sebabnya penyebaran berita yang benar sangat diperlukan untuk mengimbangi peredaran hoaks.

Hoaks terkait covid-19 muncul dalam beragam tema. Mulai dari penyebab, vaksin, hingga pengobatan.

Bahkan setelah 2,5 tahun pandemi berjalan, hoaks terkait covid-19 ini terus beredar di masyarakat melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

"Kita harus membanjiri media sosial kita dengan informasi yang benar. Itu adalah salah satu cara untuk melawan hoaks," ujar dr. Dirga Sakti Rambe dalam Virtual Class Liputan6.com yang digelar Rabu (29/6/2022).

"Acara seperti virtual class seperti ini maupun informasi yang diberikan melalui Cek Fakta Liputan6.com harus terus dilanjutkan guna mengimbangi hoaks. Masyarakat juga harus berpartisipasi untuk menyebarkan fakta dan berita yang benar," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya