Sukses

Deretan Hoaks Seputar Anies Baswedan, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Anies Baswedan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Diklaim Gubernur DKI Jakarta Sedang Dengarkan Keluhan Warganya Yang Terlilit Utang

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 Juni 2022.

Dalam unggahannya terdapat foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Presiden Jokowi. Foto itu disertai narasi:

"Anies sebagai Gubernur Jakarta dengan sabar mendengarkan keluhan warganya yang tengah terlilit utang..."

Lalu benarkah postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Merchandise Hot Wheels Formula E Gambar Anies Baswedan

Kabar tentang adanya merchandise Hot Wheels Formula E bergambar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video yang menampilkan merchandise Hot Wheels Formula E. Namun, kemasan dari mainan mobil-mobilan itu bergambar Anies Baswedan.

Kemudian di bagian belakangnya terdapat gambar mobil Formula E dan narasi sebagai berikut.

"LIKA-LIKU DKI JAKARTA NGOTOT JADI TUAN RUMAH FORMULA E"

"Perusahaan mainan terkemuka dunia HOT WHEELS,

Memasang foto ANIES BASWEDAN Sebagai atribut dalam kemasan produk mainan mobil-mobilan yang berlaga di ajang Formula E.

Produk dunia memakai gambar Anies Baswedan..Keren coy ‼️👍," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 367 kali dibagikan dan mendapat 18 komentar warganet.

Benarkah ada merchandise Hot Wheels Formula E bergambar Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi menunjuk Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Mei 2022.

Gambar thumbnail dari video itu memperlihatkan Jokowi yang tengah memimpin upacara sumpah jabatan seorang pejabat. Terlihat sosok Risma yang mengenakan kebaya merah seolah-olah sedang diambil sumpah jabatannya. Kemudian, ada juga sosok Anies Baswedan yang tengah mengenakan setelan jas berwarna putih.

Sedangkan dalam video berdurasi 8:06 menit, berisi gabungan video aktivitas Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Basuki Tjahja Purnama. Narator dalam video itu membahas nama-nama kandidat yang dianggap layak menduduki posisi Pj Gubernur DKI Jakarta.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar Jokowi resmi menunjuk Risma menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"ANIES RESMI DILENGSERKAN

JOKOWI TUNJUK RISMA GANTIKAN JABATANNYA"

"Berita Terbaru - Tepat Pada Hari ini, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies ?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 393 ribu kali ditonton dan mendapat 1.700 komentar warganet.

Benarkah Jokowi menunjuk Tri Rismaharini menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.