Mitos Kesehatan Sepekan: Daun Putri Malu Obati Vertigo hingga Ramuan Penyembuh Sakit Gigi

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 28 Jun 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 11:00 WIB
ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya klaim mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 14 Oktober 2021 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun putri malu. Ramuan itu diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari vertigo, migrain, epilepsi, hingga stroke.

"Penyakit Akibat Penyempitan dan Penyumbatan Pembuluh Darah di Kepala

1. Sering sakit kepala / migrain

2. Sering pusing2

3. Vertigo

4. Stress berat

5. Susah tidur

6. Mudah Lelah

7. Sering menguap

8. Stroke

9. Buat Pria bisa jadi Lemah Syahwat

Penyakit yg biasa terjadi pada anak2 ;

10. Ayan / epilepsi

11. Step pada anak

12. Anak sering panas dan sakit2an

Catt ;

Kalo ada efek badan anak panas setelah minum ramuan ini, hentikan dulu. Silahkan beri obat penurun panas kimia dulu.

Kalo anda yakin silahkan di ulangi lagi [ kalo tidak, silahkan cari herbal lainnya ]Karena hal ini br terjadi pd satu anak [ 5 th ] dari bayi sering2 panas dan sakit2an

13. Terlambat bicara

14. Hyperaktif

15. Keterlambatan daya pikir

16. Wajah terlihat kusam / kemerahan / kehitaman / pucat.

17. Stroke

18. Dll

Putri Malu sangat ampuh utk mengatasi dan mengobati penyakit tsb di atas.Putri Malu akan melancarkan darah di kepala dan menenangkan syaraf kepala yg terlalu tegang.

Cara bikin ;

1. Ambil putri malu [ spt di foto, jangan pakai jenis lain ] dg akar2nya, jml terserah anda

2. Di cuci dan di rebus, cara merebus terserah / kebiasaan anda

3. Minum 2 x sehari satu gelas utk dewasa.Utk anak2 cukup beberapa teguk sampai 1/4 gelas.

Tergantung penyakit, maximal 3 hr.Minum selanjutnya tergantung penyakit, minimal 15 hr kemudian.

Utk penyumbatan, spt stroke, pernah benturan / luka di kepala, silahkan di campur jahe [ utk memecah darah beku dikepala ]Utk susah tidur yg akut / kronis, silahkan campur dg serai [ sekitar 3 btg ]Utk merangsang syaraf kepala, spt stroke, daya pikir dll silahkan dicampur dg yg bersifat asam dan banyak mengandung vitamin C [ spt ; jeruk nipis, belimbing asam, daun kelor, mengkudu dll ]

Selamat Mencoba dan Buktikan Sendiri.

Catatan ;

1. Bagi anda yg tidak percaya dg tanaman ini, silahkan dicoba aja dan rasakan perubahan ditubuh anda setelah minum ramuan ini.

2. Yg dibahas sekarang penyakit yg berhubungan dg syaraf kepala saja ya..Utk penyakit lainnya, postingan berikutnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 70 ribu kali dibagikan dan mendapat 4.200 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari vertigo hingga stroke ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut.

Selain informasi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tak Terbukti Vaksin Covid-19 Sebabkan Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah

Tangkapan layar klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19
Perbesar
Penelusuran klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Unggahan klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"BANGUNLAH-ORANG!JANGAN AMBIL TANDA BINATANG!!#EFEKPAKPUK..#BIJAKLAH.."

Tulisan tersebut disertakan dengan tautan artikel berjudul

"Why I'm 99% certain that Justin Bieber's facial paralysis was caused by the COVID vaccine" yang dimuat situs stevekirsch.substack.com.

Setelah ditelusuri, klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 ternyata tidak terbukti. Para peneliti saat ini belum menetapkan hubungan pasti antara ramsay hunt sindrom dan vaksin COVID-19.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 


Berkumur dengan Air Rebusan Kulit Batang Mangga dan Garam Tidak Bisa Sembuhkan Sakit Gigi

Gambar Tangkapan Layar Klaim Berkumur Air Rebusan Kulit Batang Mangga dan Garam Bisa Sembuhkan Sakit Gigi (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Klaim Berkumur Air Rebusan Kulit Batang Mangga dan Garam Bisa Sembuhkan Sakit Gigi (sumber: Facebook).

Klaim tentang berkumur dengan air rebusan kulit batang mangga dan garam bisa menyembuhkan sakit gigi beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara membuat ramuan dari kulit batang mangga dan garam untuk mengobati sakit gigi. Berikut narasinya.

"Resep JITU..

Assalamualaikum wr wb

Berawal dari pngalaman pribadi sakit gigi g sembuh2 beberapa tahun yg lalu. dapat ilmu dari seseorang.

Jika sakit gigi sudah kambuh rasa sakitnya bisa sampai ke ubun-ubun. Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan saat sakit gigi. Mulai dari susah makan, tidak bisa tidur, hingga melakukan aktivitas tertentu karena badan lemas. Pokoknya rasanya syahdu...

Resep JITU.. sdh terbukti di praktekkan ke diri pribadi dan beberapa orang. Alhamdulillah sembuh dan g pernah kambuh lagi..Bahan

1. Kerokan kulit batang mangga

2. Garam dapur

3. Air hangat.

Cara :

-Kupas kulit batang pohon mangga. Kerok bagian dalam kulit pohon mangga kira2 berukuran 10 x 10cm yg berwarna putih sampai keluar seratnya baik yg menempel d batang mangga, ataupun pada bagian putih yg menepel pada kulit bagian dalam kulit pohon yg sdh dikupas tdi.(Sembarang pohon mangga pokox yg sdh mengeluarkan getah dan kulitx sdah retak2, diutamakan pohon bagian kulit yg sdh tua).

-Masukkan ke dalam gelas kopi kecil. Tambahkan 1 sendok teh garam dapur aduk dengan air hangat lalu kumurkan sampai habis. Jgn lupa baca Bismilah

-Pada saat kumur usahakan tahan air di dalam mulut dan masuk kedalam gigi yg brlubang sampai air terasa dingin (sdh g hangat lagi). Ingat pakai air hangat ya... bukan air panas.Cma buat kumur ya... Jgan d minum atau d telan.Efek :

Padat saat pertama kumur,gigi yg sakit memang terasa tegang (pokokx sampai sujud2 keluar air mata)setelah 3-5 mnit akan hilang tegangx.

Syarat :

Setelah di kumur, gigi yg berlubang jgn d sedot/d sesap2x lgi supaya pembuluh darah pda gigi tidak pecah lg. Insya Allah 2 sampai 3x berturut2 kumur pada hari berikutx (untuk penanganan supayah lbih manteb) gigi yg sakit akan segera sembuh total.

Entah apa kandungannya dr kutit batang mangga dan garam dapur itu, sampai skarang belum tau. Yang penting sakit gigi hilang dan ga kambuh lagi.

Itulah beberapa bahan yang dapat menyembuhkan sakit gigi silahkan dicoba," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 184 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, klaim berkumur dengan air rebusan kulit mangga dan garam dapur bisa menyembuhkan sakit gigi ternyata tidak benar. Faktanya, mencegah sakit pada gigi bisa dilakukan dengan sikat gigi dua kali sehari hingga periksa rutin gigi ke dokter.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya