Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Daging Manusia di Restoran Afrika, Eropa, AS dan Tiongkok

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 24 Jun 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 19:00 WIB
Tangkapan layar klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia
Perbesar
Penelusuran klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia. Informasi tersebut dibagikan salah satu akun Facebook, pada 11 Juni 2022.

Klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia menampilkan potongan benda menyerupai daging yang berbentuk organ manusia.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"DAGING MANUSIA di restoran di AFRIKA - EROPA - ASIA - AS - TIONGKOK DAN SELURUH DUNIA.

Ini benar-benar akhir.

https://tsn.ua/.../u-londoni-vidkrili-shokuyuchiy-magazin..."

Benarkah klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia dengan menggunakan Google Image.

<p>Penelusuran laim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Wesker & Son, A Resident Evil 6 Butcher Shop Featuring Edible Humans" yang dimuat situs laughingsquid.com, pada 4 Oktober 2012.

Situs laughingsquid.com memuat foto yang identik dengan salah satu klaim foto.

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia</p>

 

Situs laughingsquid.com menyebutkan, untuk mempromosikan video game survival horror third-person shooter Resident Evil 6 yang dirilis, produsen gim Capcom menciptakan aksi PR pembunuh dengan mengubah Smithfield Meat Market di London Timur menjadi toko daging manusia bertema Resident Evil bernama Wesker & Son, yang juga bertindak sebagai instalasi seni pop-up.

Acara berlangsung pada hari Jumat, 28 September 2012 dan Sabtu, 29 September 2012. Makanan mirip manusia yang dijual dibuat oleh food artist Sharon Baker, Tongue 'N Cheek.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul  "Resident Evil 6 – Açougue de Carne Humana em Londres!" yang dimuat situs garotasnerds.com, pada 4 Oktober 2012. Situs tersebut memuat sejumlah foto, salah satunya identik dengan klaim.

<p>Penelusuran laim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia</p>

 

Situs garotasnerds.com menyebutkan, untuk mempromosikan rilis Resident Evil 6, dari seri game horor Capcom, perusahaan memutuskan untuk memilih tema pembantaian dan darah dengan membuka toko yang  menjual daging dengan bentuk menyerupai bagian tubuh manusia manusia di pasar daging terkenal London, Smithfield's.

 Tentu saja dagingnya bukanlah manusia, hanya dimodelkan dalam bentuk bagian tubuh manusia oleh seniman makanan Sharon Baker , Bagian-bagian seperti tangan, jari, lengan, dada, dll. Daging tersebut dapat dibeli dan benar-benar dapat dimakan. Semua hasil dari penjualan disumbangkan ke Asosiasi Limbless.

Penelusuran dilanjutkan pada foto ke tiga yang menampilkan deretan benda seperti daging sedang digantung, penelusuran dilakukan dengan menggunakan Google Image.

Hasilnya mengarah pada sejumlah situs salah satunya artikel berjudul "Pork exports hit 91,400 tonnes in March" yang dimuat situs sproutwired.com, pada 8 April 2022.

<p>Penelusuran klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia</p>

Foto tersebut adalah foto ilustrasi tentang penjualan daging babi.

 

Sumber:

https://garotasnerds.com/resident-evil-6-acougue-de-carne-humana-em-londres/

https://laughingsquid.com/wesker-son-a-resident-evil-6-butcher-shop-featuring-edible-humans/

https://www.sproutwired.com/pork-exports-hit-91400-tonnes-in-march/


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia tidak benar.

Dua foto yang ditampilkan adalah makanan dan daging yang hanya dibentuk seperti organ manusia dan satu foto lainnya adalah ilustrasi daging babi.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya