Cek Fakta: Tidak Terbukti Mengonsumsi Parutan Lemon Bisa Membunuh Sel Kanker

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 24 Jun 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 16:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Klaim Mengonsumsi Parutan Lemon Ampuh Membunuh Sel Kanker (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Klaim Mengonsumsi Parutan Lemon Ampuh Membunuh Sel Kanker (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Klaim mengonsumsi parutan lemon ampuh membunuh sel kanker beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara mengonsumsi lemon yang sudah diparut untuk mengatasi penyakit kanker. Bahkan, akun Facebook tersebut mengklaim parutan lemon 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi.

"LEMON LEMON LEMON

🍋🍋🍋

LEMON BEKU LUAR BIASA

Masukkan lemon yang sudah dicuci ke dalam freezer.

Setelah beku, ambil parutan Anda, & parut seluruh lemon (tidak perlu dikupas) dan taburkan pada makanan Anda! Pada sayuran, salad, es krim, sup, sereal, mie, saus spageti, nasi, sushi, hidangan ikan, ... daftarnya tidak ada habisnya.

Semua makanan akan mendapatkan rasa luar biasa yang tak terduga!

Kemungkinan besar, Anda hanya menganggap jus lemon sebagai vitamin C ??

Tidak lagi!

Apa keuntungan utama menggunakan lemon utuh selain mencegah pemborosan & menambah rasa baru pada masakan Anda?

Kulit lemon mengandung vitamin sebanyak 5 hingga 10 kali lebih banyak daripada jus lemon itu sendiri & itulah yang Anda buang!

Kulit lemon adalah peremajaan kesehatan dalam pemberantasan racun elemen dalam tubuh.

Manfaat mengejutkan dari lemon adalah kemampuan ajaib untuk membunuh sel kanker! Itu 10.000 kali lebih kuat selain kemoterapi!! Mengapa kita tidak tahu tentang itu?

Karena ada laboratorium yang tertarik untuk membuat versi sintetis yang akan memberi mereka keuntungan besar.

Sekarang Anda dapat membantu teman yang membutuhkan dengan memberi tahu dia bahwa jus lemon bermanfaat dalam mencegah penyakit. Rasanya enak dan tidak menghasilkan yang seram efek kemoterapi.

Berapa banyak orang yang akan mati sementara rahasia yang dijaga ketat ini disimpan, agar tidak membahayakan perusahaan-perusahaan besar multijutawan?

Tanaman ini adalah obat yang terbukti melawan semua jenis kanker. Itu dianggap juga sebagai spektrum anti mikroba terhadap infeksi bakteri dan jamur, efektif melawan parasit internal dan cacing, itu mengatur tekanan darah & antidepresan, memerangi stres & gangguan saraf.

Sumber informasi ini sangat menarik: berasal dari salah satu obat terbesar produsen di dunia, mengatakan bahwa setelah lebih dari 20 tes laboratorium sejak tahun 1970, ekstrak mengungkapkan bahwa itu menghancurkan sel-sel ganas di 12 kanker, termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru & pankreas...

Senyawa pohon ini menunjukkan efek 10.000 kali lebih baik daripada produk Adriamycin, obat kemoterapi yang biasa digunakan di dunia, memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Dan yang lebih mencengangkan lagi: jenis terapi dengan ekstrak lemon ini hanya menghancurkan sel kanker ganas dan tidak mempengaruhi sel sehat.

Jadi, cuci bersih lemon itu, bekukan dan parut. Seluruh tubuh Anda akan mencintaimu karenanya!!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi parutan lemon ampuh membunuh sel kanker? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim mengonsumsi parutan lemon ampuh membunuh sel kanker. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "lemon kanker" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Cek Fakta Kesehatan: Minum Air Lemon Hangat Musnahkan Sel Kanker" yang dimuat situs Liputan6.com pada 16 November 2019.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa mengonsumsi lemon tidak efektif untuk membunuh sel kanker. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FINASM, FACP.

"Air lemon sehat sebatas vitamin C yang terkandung di dalamnya. Tetapi sama sekali tidak efektif untuk (memusnahkan) kanker," kata Aru saat dihubungi Jumat (15/11/2019).

 

Liputan6.com juga menemukan artikel lainnya yang membantah klaim bahwa mengonsumsi parutan lemon dapat membunuh sel kanker dan 10 ribu kali lebih baik dari kemoterapi. Artikel tersebut berjudul "Do Lemons Prevent Cancer?" yang dimuat situs center4research.org.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa lemon tidak terbukti bisa mengobati kanker dan tidak ada penelitian yang pernah dilakukan yang membandingkan efektivitas lemon dengan kemoterapi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon dan buah jeruk lainnya memiliki zat alami yang mungkin memiliki sifat melawan kanker, yaitu pektin jeruk yang dimodifikasi dan limonoid. Sifat-sifat ini belum diuji pada manusia.

 

Referensi:

https://www.center4research.org/lemons-prevent-cancer/

https://www.liputan6.com/health/read/4111929/cek-fakta-kesehatan-minum-air-lemon-hangat-musnahkan-sel-kanker

 


Kesimpulan

Klaim mengonsumsi parutan lemon ampuh membunuh sel kanker ternyata tidak terbukti. Faktanya, tidak ada penelitian dan bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

banner cek fakta unproven
Perbesar
banner cek fakta unproven (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya