Kumpulan Hoaks Seputar Justin Bieber dan Penyakit yang Dideritanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 24 Jun 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 09:00 WIB
Tangkapan layar klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19
Perbesar
Penelusuran klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Sejak Justin Bieber dikabarkan menderita penyakit Ramsay Hunt Syndrome, muncul informasi seputar dirinya, mulai dari penyebab sakit hingga pernyataan tentang penyanyi asal Canada tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar Justin Bieber dan penyakit yang di deritanya yaitu Ramsay Hunt Syndrome, hasilnya sebagian telah terbukti hoaks.

Keberadaan hoaks harus diwaspadai, dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat agar tidak dirugikan dan menjadi korban informasi palsu.

Kita pun bisa melakukan penelusuran informasi yang didapat untuk membuktikan benar atau salah secara mandiri, caranya dengan mengikuti tips dalam halaman berikut ini.

Berikut hoaks seputar Justin Bieber serta penyakit yang dideritanya.

1. Justin Bieber Menyesal Divaksin Akan Menuntut Astrazeneca dan Pfizer

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pernyataan Justin Bieber  menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca dan Pfizer. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Juni 2022.

Unggahan klaim Justin Bieber menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca dan Pfizer berupa tangkapan layar unggahan Twitter yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Yuhuuyyy Justin Beiber menyesal suntik micin Pfizer dan dia mau menuntut Pfizer"

Dalam tanggakapan layar tersebut juga terdapat tangkapan layar artikel BeritaSubang.com berjudul "Cek Fakta, Justin Bieber Sebut Kelumpuhan Wajah Akibat Vaksin Covid-19".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sudah Tidak Terhitung lagi Korban dari Vaksin Setan itu.Tapi kali ini yang jadi Korbannya adalah Artis Dunia, Justin Bieber.Justin Bieber mengatakan "Menyesal Menerima Vaksin, dan akan Menuntut Perusahaan Astrazeneca"."

Benarkah klaim Justin Bieber menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca dan Pfizer? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hoaks Berikutnya

2. Vaksin Covid-19 Sebabkan Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Unggahan klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"BANGUNLAH-ORANG!

JANGAN AMBIL TANDA BINATANG!!

#EFEKPAKPUK..#BIJAKLAH.."

Tulisan tersebut disertakan dengan tautan artikel berjudul

"Why I'm 99% certain that Justin Bieber's facial paralysis was caused by the COVID vaccine" yang dimuat situs stevekirsch.substack.com

Benarkah klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya