Cek Fakta: Tidak Benar Pernyataan Wapres Ma'ruf Amin Tak Sengaja Pakai Dana Haji Pemerintah Tak Berdosa

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 14 Jun 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 15:00 WIB
Tangkapan layar klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa
Perbesar
Penelusuran klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak dosa. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 10 Juni 2022.

Klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa tersebut berupa tangkapan layar artikel Vivanews berjudul

"Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Tak Berdosa"

Dimuat pada Minggu, 21 Juni 2020. Ditulis oleh Lilis Khalisotussurur.

Dalam artikel tersebut terdapat foto berupa tangkapan layar artikel berjudul.

"Wapres Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Gak Berdosa".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Owhh.... begitu ya?

Pantesan minta nambah lagi".

Benarkah Klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa. Dengan mencari di indek artikel viva.co.id.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa, Faktanya" yang dimuat pada 21 Juni 2020.

 

<p>klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa</p>

Artikel tersebut merupakan penelusuran fakta yang mengulas tentang judul artikel "Wapres Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Gak Berdosa", dalam artikel viva.co.id menyebutkan jika pernyataan Wapres Ma'ruf Amin tidak benar.

Judul artikel tersebut telah dimanipulasi dari artikel asli berjudul "Ma'ruf Amin: Jika Jokowi Terpilih Lagi, Ibu Ibu Belanja Cukup Bayar Pakai Kartu" yang dipublikasikan pada Februari 2019 oleh situs abhynewscom.

Sumber:

https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1280190-wapres-pemerintah-gak-sengaja-pakai-dana-haji-jadi-tak-dosa-faktanya

 


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa tidak benar.

Judul artikel situs viva.co.id  yang disajikan dalam klaim tersebut tidak disajikan secara utuh sehingga menimbulkan mispersepsi yang salah dan dalam artikel tersebut pun membantah klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya