Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Vaksin Covid-19 sampai Formula E

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial menjadi tempat berbagi dan mendapati informasi, namun tidak semua kabar yang disebar tersebut benar.

Kita harus waspada agar tidak menjadi korban informasi salah atau hoaks. Caranya, sebelum mempercayai informasi yang didapat dipastikan terlebih dahulu kebenarannya.

Kita pun bisa memastikan informasi yang didapat benar atau salah secara mandiri, dengan mengikuti tips seperti dalam halaman berikut ini.

Untuk memudahkan masyarakat membedakan informasi hoaks dan benar, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang beredar di media sosial. Dari hasil hasil penelusuran terbukti sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Mengonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

Klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah dapat menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 4 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi ramuan dari rebusan tepung kanji dan gula merah. Ramuan itu diklaim bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus. 

"Thun 2012 sya prnh infeksi usus, dan asam lambung akut,, smpe opname di RS 10 hari,,, ga ada perubahan, akhirnya pulang,, ibaen omakku ma ubat,,,

obat nya cma ini👇

Tepung kanji digodok (dimasak) sama gula merah hingga mngental,, dimakan saat perut kosong bangun pagi,, konsisten slma 2 Minggu,,

Attor malum do tutu,, di lem akka nabocor halus, akka dinding lambung Niba na terkikis i, attor Poltik pakkilalan,,

Smnjak dr situ smpe skrng ga prnh lagi bermasalah namanny bagian dalam, aplg asam lambung..

Sgera praktek kan ya teman teman,, obat termanjur ini, mudah didapat, anti ribet,,,Slmat manogot ma dihita 🙏," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 53 ribu kali ditonton dan mendapat 148 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

2. Tidak Benar Aceh Mempersiapkan Haji Sendiri Lepas dari Kemenag

Kabar tentang Provinsi Aceh mempersiapkan haji sendiri lepas dari Kementerian Agama (Kemenag) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 7 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi pernyataan seorang pria yang menyebut bahwa Aceh sedang mempersiapkan haji, lepas dari Kemenag.

"Sekarang di Aceh, mereka mempersiapkan untuk haji terlepas dari Kemenag. Kalau sempat ini terjadi, di mana wibawa kita," demikian pernyataan pria tersebut.

Pada klip selanjutnya, terdapat ceramah dari Ustaz Abdul Somad. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Aceh mempersiapkan haji terlepas dari Kemenag.

"Aceh siapkan Haji lepas dari Menag," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4,8 juta kali ditonton dan mendapat 13 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Provinsi Aceh mempersiapkan ibadah haji sendiri lepas dari Kemenag? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

3. Informasi Palsu Minum Air Rebusan Daun Sisik Naga Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

 Klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kembali beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun sisik naga. Beriku isinya.

"Assalamu'alaikum....

Untuk sodaru/i ku di mana pun berada,, jika punya keluhan Penyakit ,, Asam urat/ reumatik,, Asam lambung,, Radang paru2 / tenggorokan,, Tekanan darah tinggi,, sakit pinggang,, Radang tulang,, pengapuran tulang,, prostat,, Usus buntu,, Asma,, lemah jantung,, diabet kering/basah,, typus,, lever,, migren,, kolestrol,, kanker darah,, kanker Rahim,, Kanker payudara,, teroid..

Coba ikhtiar kan dgn Daun Sisik Naga ,, biasa nya Tumbuh di pohon2 yg besar,, saya yakin kalian pernah melihat nya ...

Jika ada silah kan di ambil minimal 7 lembar/9 lembar daun sisik naga trs cuci bersih dan rebus dgn ukuran 3 gelas Air minum sampe mendidih dan tunggu sampe Air itu menjadi 1 gelas,, di kosumsi setelah bangun tidur dlm kondisi perut kosong ...

Sebelum di minum tolong berdoa ..

Basmallah 1x

Al fatihah 3X

Istigfar 3x

Syahadat 3x

Sholawat syifa 3x trs tiup kan ka Air nya 3X...

Trs berdoa dgn Bahasa kita..

Ya Allah dgn wasilah Air Rebusan Daun sisik Naga ini,, Sembuh kan lah penyakit .....??

Dgn cepat & maksimal,, Aamiin 3X..

Dan silah kan di minum...

**Efek samping---> Sering buang air kecil(sering kencing krn penyakit nya keluar nya lewat air seni)

Smoga Bermanfaat & dgn ijin Allah Smua penyakit Sembuh dgn cepat & maksimal," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 42 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4. Petenis Gael Monfils Mundur dari Turnamen karena Reaksi Merugikan Vaksin Booster

Cek Fakta Liputan6.com mendapat klaim Petenis Prancis Gael Monfils mundur dari turnamen karena reaksi merugikan vaksin Covid-19 booster. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Juni 2022.  

Klaim Petenis Prancis Gael Monfils mundur dari turnamen karena reaksi merugikan vaksin booster tersebut berupa tulisan seperti berikut.

"Gael Monfils(petenis PERANCIS nomor 1)telah mengungkapkan

pengunduran dirinya dari turnamen baru-baru ini karena reaksi

merugikan dari v4ks1nnnn c0v1d-1d10tttt.

Yang bersangkutan ini,telah menerima pakpuk dosis ke 3(booster)

.......................................

WAKE UP-PEOPLE!!

DON'T TAKE THE MARK OF THE BEAST!!"

Benarkah klaim Petenis Prancis Gael Monfils mundur dari turnamen karena reaksi merugikan vaksin booster? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Hoaks Selanjutnya

5. Kementerian Agama Keluarkan Kartu Nikah dengan Kolom 4 Istri

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Kementerian Agama mengeluarkan kartu nikah dengan kolom empat istri. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 4 Juni 2022.

Dalam unggahannya terdapat gambar kartu nikah dengan gambar foto seorang pria di bagian depan dan foto istri dengan empat kolom di bagian belakang.

Akun itu menambahkan narasi "Apa sudah ada yg memiliki.... mohon info cara mengurus kartunya....."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Kementerian Agama mengeluarkan kartu nikah dengan kolom empat istri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

6. Balapan Formula E Jakarta Sepi Penonton di Tribun

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim bahwa ajang balapan Formula E Jakarta sepi penonton. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu. 

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Juni 2022.

Di dalam postingannya terdapat beberapa foto tribun Formula E Jakarta dalam posisi kosong. Akun itu menambahkan narasi:

"Katanya tiket Formula E ludes terjual...tp kok tribun penonton sepi...ini dicapture live lho

2022 Jakarta E-Prix - Round 9 | Free Practice 2

Tapi gw tetap sabar....Sabar, balapannya kan masih nanti sore.yang datang baru kader demokrat, jadi emang cuma dikit.PAN, PKS setelah sholat dzuhur (kalau nasi bungkus sudang mateng)Itu sebenernya ada,cuma sayangnya mahluk astral"

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim bahwa ajang balapan Formula E Jakarta sepi penonton? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.