Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Menari dengan Berpakaian Minim

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 09 Jun 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2022, 13:24 WIB
Tangkapan layar klaim video Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari degan berpakaian minim
Perbesar
Penelusuran klaim video Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari degan berpakaian minim

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari kenakan pakaian minim.

Kalim video Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari kenakan pakaian minim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juni 2022.

Unggahan tersebut menampilkan foto Tedros mengenakan jas hitam dengan latar belakang logo WHO disandingkan dengan video seorang lelaki berambut pendek mengenakan baju dengan lengan terbuka dan celana pendek sedang menari sambil memegang gelas.

Unggahan klaim video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"WHO is WHO? ­čśé"

Benarkah klaim video Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari dengan berpakaian minim? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari dengan berpakaian minim menggunakan Google Image.

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari dengan berpakaian minim</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "WAS THE DIRECTOR-GENERAL OF THE WHO SPOTTED DANCING IN A BAR IN BRAZIL?" yang dimuat situs mythdetector.ge, pada 27 Agustus 2021.

Situs mythdetector.ge mengulas video yang identik dengan klaim video.

<p>Penelusuran klaim Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari dengan berpakaian minim</p>

Situs mythdetector.ge menyebutkan, video tersebut menyebarkan disinformasi karena pria yang digambarkan dalam video tersebut bukanlah Direktur Jenderal WHO. Video yang disebarluaskan di media sosial ini direkam pada 16 Februari 2020, di sebuah bar lokal di Brasil. Video tersebut mencakup cuplikan dari acara TV Globo ÔÇŁDoming├úo do Faust├úoÔÇŁ. Acara tersebut ditayangkan pada hari Minggu, 16 Februari 2020. Dalam sebuah kompetisi musik, pasangan selebriti saling bersaing. Salah satu partisipan terlihat dalam video yang tersebar di media sosial.

Sementara pada 16 Februari 2020, Dirjen WHO secara fisik tidak dapat berada di Brasil, karena ia sedang menghadiri konferensi keamanan di Munich pada saat itu. Konferensi berlangsung dari 14 hingga 16 Februari, dengan Tedros Ghebreyesus menyampaikan pidato pada 15 Februari. Videonya juga dapat ditemukan di situs web resmi Konferensi Keamanan Munich.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Videodaki ki┼či D├╝nya Sa─čl─▒k ├ľrg├╝t├╝ Genel Direkt├Âr├╝ de─čilYazar:" yang dimuat situs┬ádogrula.org, pada 21 Juli 2022.Situs tersebut mengulas klaim yang sama.┬á

Situs situs dogrula.org menyebutkan, Orang dalam video yang menjadi subjek klaim bukanlah Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia. Ketika kita melihat versi video berkualitas tinggi, kita melihat bahwa orang ini memiliki kulit yang lebih terang dari Tedros dan gaya rambutnya berbeda.

Sumber:

https://www.dogrula.org/videodaki-kisi-dunya-saglik-orgutu-genel-direktoru-degil/

https://mythdetector.ge/en/was-the-director-general-of-the-who-spotted-dancing-in-a-bar-in-brazil/


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menari dengan berpakaian minim tidak benar.

Sosok lelaki dalam video tersebut bukanlah Tedros, video yang disebarluaskan di media sosial ini direkam pada 16 Februari 2020, di sebuah bar lokal di Brasil. Pada periode yang sama, Tedros Adhanom Ghebreyesus berada di Eropa, menghadiri konferensi di Munich dan Jenewa.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya