Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Bill Gates di Balik Merebaknya Penyakit Cacar Monyet

Beredar klaim Bill Gates di balik merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah negara. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penyebaran cacar monyet (monkeypox) dilaporkan terus mengalami peningkatan di sejumlah negara. Berdarsarkan laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada 5 Juni 2022 ada 780 kasus terkonfirmasi cacar monyet di 27 negara non-endemik.

WHO memprediksi bahwa mungkin saja kasus cacar monyet jumlahnya lebih dari itu mengingat keterbatasan informasi epidemiologis dan laboratorium yang terbatas di beberapa negara.

Di tengah merebaknya kasus cacar monyet, terdapat informasi yang menyebut bahwa pendiri Microsoft Bill Gates di balik merebaknya penyakit tersebut.

Informasi itu disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Mei 2022. Akun Facebook tersebut menyebut bahwa Bill Gates adalah penyebab dari merebaknya cacar monyet.

"Bill Gates is behind the Monkey Pox Outbreak

#BillGates

#monkeypox," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah Bill Gates di balik merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah negara? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Bill Gates di balik merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah negara. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "bill gates monkeypox" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "No, Bill Gates isn’t behind the monkeypox outbreak" yang dimuat situs politifact.com pada 24 Mei 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa klaim Bill Gates berada di balik merebaknya wabah cacar monyet adalah tidak benar. Tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa Gates berada di balik wabah tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa penyebab dari merebaknya wabah itu sedang diselidiki.

Ahli epidemiologi dan pakar kesehatan publik di London, dr David Heymann mengatakan bahwa penyebaran cacar monyet di negara maju adalah 'peristiwa acak' yang tampaknya merupakan hasil dari kontak intim antara orang-orang yang menghadiri dua acara besar baru-baru ini.

 

Referensi:

https://www.politifact.com/factchecks/2022/may/24/facebook-posts/no-bill-gates-isnt-behind-monkeypox-outbreak/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Bill Gates di balik merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah negara ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.