Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Minum Air Dingin Sebabkan Serangan Jantung dan Memicu Kanker

Beredar klaim tentang meminum air dingin dapat menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang meminum air dingin dapat menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa meminum air dingin tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker.

"*MINUM AIR HANGAT BISA SELAMATKAN NYAWA*

Sekelompok Dokter Jepang menegaskan bahwa *air hangat* adalah 100% efektif dalam menyelesaikan beberapa masalah kesehatan seperti :

1. Migrain

2. Tekanan darah tinggi

3. Tekanan darah rendah

4. Nyeri sendi

5. Peningkatan dan penurunan detak jantung secara tiba-tiba

6. Epilepsi

7. Menghilangkan kadar kolesterol

8. Batuk

9. Ketidak nyamanan tubuh

10. Nyeri gout

11. Asma

12. Batuk terus menerus

13. Penyumbatan pembuluh darah

14. Penyakit yang terkait dengan Uterus & Urine

15. Masalah perut

16. Nafsu makan yang buruk

17. Juga semua penyakit yang berkaitan dengan mata, telinga & tenggorokan.

18. Sakit kepala

*BAGAIMANA CARA MEMAKAI AIR HANGAT*

Bangun pagi-pagi dan minum sekitar * 2 gelas air hangat ketika perut kosong *. Anda mungkin tidak dapat membuat 2 gelas di awal tetapi perlahan-lahan.

*CATATAN:*

*JANGAN* makan apa pun 45 menit setelah mengambil air.

Terapi air hangat akan menyelesaikan masalah kesehatan dalam jangka waktu yang wajar seperti:

✔ Diabetes dalam 30 hari

✔ Tekanan darah dalam 30 hari

✔ Masalah perut dalam 10 hari

✔ Semua jenis Kanker dalam 9 bulan

✔ Penyumbatan pembuluh darah dalam 6 bulan

✔ Nafsu makan yang buruk dalam 10 hari

✔ Uterus dan penyakit terkait dalam 10 hari

✔ Masalah Hidung, Telinga, dan Tenggorokan dalam 10 hari

✔ Masalah wanita dalam 15 hari

✔ Penyakit jantung dalam 30 hari

✔ Sakit kepala / migrain dalam 3 hari

✔ Kolesterol dalam 4 bulan

✔ Epilepsi dan kelumpuhan terus menerus dalam 9 bulan

✔ Asma dalam 4 bulan

*AIR DINGIN ITU TIDAK BAIK UNTUK ANDA !!!*Jika air dingin tidak mempengaruhi Anda pada usia muda, akan membahayakan Anda di *usia tua*.

*Air dingin menutup 4 urat-urat jantung dan menyebabkan serangan jantung*. Minuman dingin adalah alasan utama untuk serangan jantung.

*Ini juga menciptakan masalah di hati karena membuat lemak terjebak di hati*. Kebanyakan orang yang menunggu transplantasi hati adalah korban minum air dingin.

*Air dingin mempengaruhi dinding internal lambung,Ini mempengaruhi usus besar dan menghasilkan Kanker*

JANGAN TAHAN INFORMASI INI UNTUK DIRI SENDIRI," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 162 kali dibagikan dan mendapat 7 komentar dari warganet.

Benarkah meminum air dingin menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang meminum air dingin dapat menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "minum air dingin jantung" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Makanan dan Minuman Dingin Berbahaya Bagi Jantung" yang dimuat situs Liputan6.com pada 20 November 2020.

Dalam artikel tersebut, dokter dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, dr Muhammad Gibran Fauzi Harmani Sp.JP, FIHA menyebut klaim tersebut tidak benar.

"Itu hoax," kata dr Gibran kepada Liputan6.com.

Dr Gibran menambahkan, tidak ada penelitian yang membuktikan makanan dan minuman dingin maupun air es dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

"Faktor risiko jantung yang bisa, harus dihindari, dan dikontrol adalah Hipertensi (batasi asupan garam), diabetes mellitus (batasi asupan gula), dislipidemia atau kolesterol (batasi asupan makanan minuman sumber kolesterol), merokok harus disetop dan hindari jadi perokok pasif," tutur dr Gibran.

Menurut dr Gibran, pencegahan terhadap serangan jantung bisa dilakukan dengan mengecek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kendalikan stres.

Selain itu, Liputan6.com juga menemukan artikel yang membantah klaim meminum air dingin dapat memicu kanker. Adalah artikel "Minum Air Dingin Setelah Makan Picu Kanker, Benarkah?" yang dimuat situs Liputan6.com pada 14 Mei 2017 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Minum air dingin setelah makan disebut oleh segelintir orang dapat memicu kanker.

Anggapan ini muncul karena kepercayaan yang entah dari mana datangnya, yang menyebut air dingin dapat menggumpalkan lemak yang masuk bersama makanan.

Lemak ini kemudian akan menumpuk di saluran pencernaan, yang lambat laun bisa menyebabkan kanker saluran pencernaan.

dr Dyan Mega Inderawati mengatakan ini mitos. Penjelasan ilmiahnya, ketika air dingin masuk ke saluran cerna, tubuh secara otomatis akan meningkatkan suhu air, menyesuaikannya dengan suhu tubuh normal.

"Jadi, anggapan bahwa lemak dapat dibekukan oleh air dingin sama sekali tidak benar," kata dia, Minggu (14/5/2017)

Memang, Dyan mengatakan bahwa kelebihan lemak berpotensi menimbulkan gumpalan dan tumpukan. Namun, bersarangnya di pembuluh darah, bukan di saluran cerna.

"Dunia medis menyebut kondisi ini dengan plak," kata Dyan menambahkan.

Menurut Dyan, bukan air dingin yang semestinya Anda takutkan. Melainkan kebiasaan lain yang mungkin sering kali Anda lakukan, yang tanpa sadar dapat menyebabkan kanker.

Berikut kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker;

1. Merokok aktif dan menjadi perokok pasif

2. Jarang berolahraga

3. Terlalu banyak duduk

4. Sering terpapar sinar matahari tanpa adanya pelindung

5. Banyak mengonsumsi makanan siap saji

6. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan"

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang meminum air dingin dapat menyebabkan serangan jantung dan memicu kanker ternyata tidak benar. Faktanya, meminum air dingin tidak menyebabkan serangan jantung maupun memicu kanker.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.