Sukses

Lawan Hoaks, Bawaslu Gandeng Anak Muda Sebarkan Berita Benar

Bawaslu terus mengantisipasi maraknya hoaks jelang Pemilu tahun 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Bawaslu terus mengantisipasi maraknya hoaks jelang Pemilu tahun 2024 mendatang. Mereka berinisiatif menggandeng konten kreator untuk menyebarkan literasi terkait Pemilu.

Hal ini disampaikan anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat berdiskusi tentang antisipasi dan penanganan hoaks bersama Mafindo, Perludem, dan perwakilan platform digital pekan lalu.

Lolly menjelaskan peran konten kreator yang mayoritas anak muda akan membuat demokrasi di Indonesia semakin baik.

"Kenapa berita hoaks menyebar, karena memang berita benar itu tidak tersebar. Maka itu kita akan lakukan percepatan untuk menyebarkan berita benar tersebut," kata Lolly dilansir laman Bawaslu.

"Anak muda punya peran bisa menahan informasi bohong dan menyebarkan berita benar. Maka itu, salah satu fokus kami kali ini adalah memberdayakan jari teman-teman muda itu," ujarnya menambahkan.

Selain itu Bawaslu juga menggandeng seluruh platform digital untuk menyediakan informasi atau edukasi terkait Pemilu.

"Kalau informasi kepemiluan itu hadir di setiap platform, mau tidak mau masyarakat akan mengklik itu. Harapannya ke depan tanggung jawab para platform sudah didorong sejauh itu dan saya berharap itu terjadi karena ini yang kita butuhkan," ujar Lolly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.