Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: 212 Mart Jadi Sponsor Formula E hingga Warga Italia Buang Uang ke Jalan

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 April 2022 lalu.

Dalam foto tersebut terdapat ilustrasi mobil Formula E dan logo 212 Mart. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa 212 Mart merupakan sponsor dari ajang balap Formula E yang rencananya digelar pada 4 Juni 2022 mendatang di Jakarta.

":::sponsor formula E ,mulai berdatangan," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 16 kali direspons dan mendapat 4 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan resmi berasal dari Formula E.

Meski belum diumumkan, pihak penyelenggara mengklaim sejumlah perusahaan turut menjadi sponsor Formula E Jakarta. Mulai dari bank, perusahaan otomotif hingga perhotelan.

Selain foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta, terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Seorang Lelaki Tetap Salat Meski Tentara Israel Membakarnya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya. Foto tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya berupa tangkapan layar unggahan salah satu akun Facebook.

Unggahan tersebut menampilkan sebuah foto artikel yang berisi benda menyerupai tubuh manusia sedang duduk dan terbakar.

Dalam foto tersebut juga terdapat dua pasang kaki sedang berdiri mengenakan celana abu-abu, salah satu dari orang tersebut terlihat membawa benda menyerupai senapan.

Artikel tersebut berjudul:

"KINI VIRAL : SUbhanallah, Plelaki Ini Tetap Meneruskan Solatnya Meskipun Dibakar..."

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Subhanallah, lelaki Ini Tetap Meneruskan Solatnya Meskipun Dibakar Hidup-Hidup oleh tentara Israel. Lihatlah Keteguhan Iman Dia Kepada Yang Maha Kuasa... Jika anda seorang MUSLIM jgn LUPA SHARE artikel ini supaya ramai tahu kekejaman ISRAEL ini."

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya ternyata tidak benar.

Foto tersebut merupakan korban serangan xenofobia di Afrika Selatan. Yaitu serangan fisik, pembakaran dan penjarahan terhadap warga asing.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Warga Italia Buang Uang ke Jalan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto masyarakat Italia membuang uang ke jalan. Informasi tersebut beredar lewat aolikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto masyarakat Italia membuang uang ke jalan berupa tangkapan layar uanggahan salah satu akun Facebook.

Unggahan tersebut menampilkan dua foto benda berbentuk lembaran putih persegi panjang berserakan di jalan.

Foto yang pertama memperlihatkan benda seperti uang yang berserakan dengan latar belakang bangunan, sedangkan foto kedua menampilkan benda seperti uang yang berserakan di jalan dekat kendaraan berwarna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ini baru kiamat kecil

harta yg selama ini mereka kumpulkan tiada artinya bagi mereka

ini di itali dimana masyarakat di sana kecewa karena hartanya (uang) tidak bisa menyelamatkan orang2 di cintainya maka dari itu mereka membuang uang2nya

Dunia sementara akhirat selamanya"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim masyarakat Italia membuang uang ke jalan tidak benar.

Foto-foto tersebut telah beredar online setidaknya sejak Maret 2019 dalam laporan tentang dua insiden terpisah di Venezuela.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.