Mitos Kesehatan Sepekan: Tanaman Sri Rejeki Bisa Bikin Kematian pada Anak hingga Air Rebusan Nanas Bisa Membunuh Sel Kanker

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 23 Mei 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 19:00 WIB
ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya informasi yang diklaim tanaman Sri Rejeki bisa membuat kematian pada anak beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Agustus 2019 lalu dan kembali ramai dibagikan pada 17 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tanaman Sri Rejeki dan disandingkan dengan foto anak kecil yang tertidur.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan bahaya tanaman Sri Rejeki yang bisa menyebabkan kematian pada anak.

"Info penting:bagi saudara2 fb.mohon jaga anak2 atau siapa pun utx mnjauhi tumbuhan yg ada di gmbar ini...terutama pada anak2..info nya tumbuhan ini di pke masak2an sma anak2..tumbuhan ini mmiliki racun..dan anak di gambar ini tlah mnjadi korban.innalillahi wainna ilaihi rojiun..

#mohon utx di sebar luaskan kepada publik.trimakasih," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 27 ribu kali dibagikan dan mendapat 1.200 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim tanaman Sri Rejeki bisa membuat kematian pada anak ternyata tidak benar. Faktanya, tanaman tersebut memang beracun tetapi tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian pada anak.

Selain informasi tanaman Sri Rejeki bisa membuat kematian pada anak, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Air Rebusan Nanas Bisa Membunuh Sel Kanker

Gambar Tangkapan Layar Klaim Palsu Air Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kanker (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Klaim Palsu Air Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kanker (sumber: Facebook).

Klaim air rebusan buah nanas bisa membunuh sel kanker beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Desember 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berisi narasi bahwa air rebusan nanas dapat membunuh sel kanker. Berikut narasinya:

"Air Nanas Panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup.

Nanas Panas >< dapat membunuh sel kanker!

✓Potong 2-3 serpihan nanas tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

✓Air Nanas Panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

✓Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor.

✓Air Nanas Panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

✓Jenis pengobatan dengan ekstrak nanas hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

✓Selain itu, asam amino dan polifenol nanas dalam jus nanas dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga & teman.

Jaga Kesehatanmu Sebelum Sakitmu Datang...!Semoga Bermanfaat," demikian narasi dalam video tersebut.

"ASSALAMUALAIKUM.. SAHABAT "VLUPH" 🌹," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 386 kali ditonton dan mendapat 456 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim air rebusan buah nanas bisa membunuh sel kanker ternyata tidak benar. Faktanya, air rebusan buah nanas tidak bisa menyembuhkan dan membunuh sel kanker.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya