Cek Fakta: Hoaks Foto Spanduk Bertuliskan "Masjid Ini Tidak Mensholatkan Jenazah Yang Tidak Membeli Tiket Formula E"

Oleh Adyaksa Vidi pada 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Cek Fakta foto Formula E
Perbesar
Cek Fakta foto Formula E

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E". Postingan ini beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E"

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi, "Ini mulai lagi pendukung si abas"

Lalu benarkah postingan foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E"?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan mesin pencarian Yandex. Hasilnya terdapat foto yang identik dengan postingan.

 

<p>Cek Fakta foto Formula E 2</p>

Foto tersebut muncul dalam artikel Detik.com berjudul "Viral, Masjid Ini Tolak Salatkan Jenazah Pembela Penista Agama" yang tayang pada 25 Februari 2017.

Berikut isi artikelnya:

"Masjid Al-Jihad memasang spanduk yang berisi tulisan tidak mensalatkan jenazah pembela penista agama. Spanduk ini terpasang rapi di depan masjid.

Lokasi Masjid Al-Jihad berada di Jalan BB 9A, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan. Berdasarkan pantauan pada Sabtu (25/2/2017), ada dua spanduk yang bertulisan "Masjid Ini Tidak Mensalatkan Jenazah Pendukung dan Pembela Penista Agama".

Sementara itu, ada lagi satu spanduk yang bertulisan "Penista Al-Quran, Perusak Persatuan Bangsa".

Hingga siang hari ini spanduk tersebut masih terpasang di sekitar masjid. Sebelumnya, spanduk ini menjadi viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Netizen pun banyak menyampaikan pendapatnya mengenai adanya spanduk tersebut.

Berdasarkan tulisan di papan nama masjid, Masjid Al-Jihad berada di bawah koordinasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Setiabudi, Karet, Jakarta Selatan. Saat didatangi pagi ini, pengurus masjid sedang sibuk mengurus jenazah warga setempat, sehingga belum bisa diwawancarai. (tor/bar)"

Sumber

https://news.detik.com/berita/d-3431691/viral-masjid-ini-tolak-salatkan-jenazah-pembela-penista-agama


Kesimpulan

Ilustrasi Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Postingan foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E" adalah hoaks. Faktanya postingan foto tersebut telah diedit.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya