Cek Fakta: Hoaks Artikel CNN Indonesia.com Berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop"

Oleh Adyaksa Vidi pada 22 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 16:00 WIB
Cek Fakta K-POP
Perbesar
Cek Fakta Postingan gambar artikel berita CNN Indonesia berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K- Pop".

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan gambar artikel berita CNN Indonesia.com berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop." Postingan itu muncul sejak tengah pekan kemarin.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat postingan gambar artikel berita CNN Indonesia berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop"

Sejauh ini postingan tersebut mendapat lima komentar dan lima kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan gambar artikel berita CNN Indonesia berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop"?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi laman cnnindonesia.com. Namun dalam kolom pencarian tidak ditemukan artikel yang dimaksud.

Selain itu dari pencarian menggunakan mesin pencari Google tidak ditemukan informasi valid seperti dalam postingan.

Pencarian dilanjutkan menggunakan mesin pencarian Yandex. Di sana ditemukan bahwa artikel asli pada CNN Indonesia.com berjudul "Polisi Viral Joget Dangdut saat Pandemi Kena Denda Rp100 Ribu" yang tayang 16 Oktober 2020.

<p>Cek Fakta artikel K-pop</p>

Foto identik juga ditemukan dalam artikel CNN Indonesia.com lain berjudul "Polisi Penolak Laporan Warga Pulogadung Dimutasi ke Papua Barat" yang tayang 30 Desember 2021.

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211230132208-12- 740528/polisi-penolak-laporan-warga-pulogadung-dimutasi-ke- papua-barat

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201016232550-12- 559454/polisi-viral-joget-dangdut-saat-pandemi-kena-denda-rp100 -ribu

https://www.kominfo.go.id/content/detail/41996/disinformasi- berita-cnn-anggota-polisi-ini-dimutasi-ke-papua-barat-karena- anaknya-hina-idol-k-pop/0/laporan_isu_hoaks


Kesimpulan

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan gambar artikel berita CNN Indonesia berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K- Pop" adalah hoaks. Faktanya judul artikel dalam postingan tersebut telah disunting.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya