Hoaks Terkini Penampakan Uang Baru, dari Rp 1 Juta Hingga 100 Ribu

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 20 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi kumpulan hoaks penampakan uang baru
Perbesar
Pekerja menata uang di kantor BRI, Jakarta, Kamis (22/12). Sebanyak Rp8,5 triliun akan didistribusikan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan sisanya Rp8,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan kas kantor cabang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang penampakan uang baru yang diterbitkan Bank Indonesia menjadi daya tarik sebagian orang, kabar tersebut pun beredar di media sosial dengan besaran nominal yang beragam.

Kabar penampakan uang baru tersebut pun tidak semuanya benar, sebab sebagian uang yang diklaim telah beredar hanya contoh dan tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi tentang penampakan uang baru, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks penampakan uang baru.

1.  Video Uang Baru Pecahan Rp 1 Juta

 

<p>Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Adanya Uang Baru Pecahan Rp 1 juta (sumber: Facebook).</p>

Sebuah video yang diklaim adanya uang baru pecahan Rp 1 juta beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 Maret 2022.

Dalam video berdurasi 11 detik itu memperlihatkan uang kertas berwarna putih dan biru. Terdapat gambar wanita yang sedang menari dalam uang tersebut. Video itu juga memuat narasi bahwa uang tersebut merupakan uang baru pecahan Rp 1 juta.

 "INDONESIA selembar 1 juta

Yang gaji nya /bln 3 jeti.cuma dpt 3 lebar

uang baru 1jt//1lebar," demikian narasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 19 ribu kali ditonton dan mendapat 11 ribu komentar warganet.

Benarkah uang dalam video itu merupakan uang baru pecahan Rp 1 juta? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.


Hoaks Berikutnya

2. Uang Kertas Pecahan Rp 200 Ribu Resmi Diedarkan

Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Uang Kertas Pecahan Rp 200 Ribu Resmi Diedarkan (sumber: Facebook).

Kabar tentang uang kertas pecahan Rp 200 ribu resmi diedarkan beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Desember 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar foto uang yang diklaim pecahan Rp 200 ribu. Terdapat narasi berisi uang Rp 200 ribu tersebut telah diedarkan.  

"PECAHAN UANG KRTAS RP 200.000 RESMI DIEDARKAN HARI INI, WAJIB DISHARE!! SEMUA HARUS TAHU. Majulah Indonesia," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Benarkah uang kertas pecahan Rp 200 ribu telah resmi diedarkan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. BI Keluarkan Uang Logam Baru Pecahan Rp 100 Ribu

Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks BI Keluarkan Uang Logam Baru Pecahan Rp 100 Ribu (sumber: Facebook).

Kabar tentang Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan uang logam baru pecahan Rp 100 ribu beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar uang logam bertuliskan "SERATUS RIBU RUPIAH". Terdapat juga tulisan 2021 dan 2030 dan "BANK INDONESIA" dalam gambar tersebut.

"Mata Uang Baru yg di keluarkan oleh BI.....Seratus Ribu Rupiah"

"Mata uang receh baru kawan seratus ribu besuk kluar bi," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali direspons dan mendapat 9 komentar warganet.

Benarkah gambar tersebut merupakan uang logam baru pecahan Rp 100 ribu yang akan dikeluarkan Bank Indonesia? Simak hasil penelusurannya di sini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya