Sukses

Kumpulan Hoaks Foto Peristiwa di Luar Negeri

Berikut kumpulan hoaks foto peristiwa di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang peristiwa di luar negeri kerapa beredar di Indonesia, kabar tersebut pun dibagikan dengan beragam sajian salah satunya berbentuk foto.

Foto yang diklaim pun tidak semuannya benar atau hoaks, foto yang disebar terkadang telah mengalami editan atau informasi yang disajikan tidak sesuai dengan fakta sebenaranya.

Mendeteksi hoaks berupa informasi foto terkadang memang sulit, dibutuhkan cara khusus untuk membuktikan foto tersebut benar atau tidak. Meski begitu kita bisa melakukan penelusuran sendiri dengan mengikuti tips seperti yang ada didalam halaman berikut ini.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar foto peristiwa di luar negeri, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks foto peristiwa di luar negeri.

1. Foto Seorang Lelaki Tetap Salat Meski Tentara Israel Membakarnya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya. Foto tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya berupa tangkapan layar unggahan salah satu akun Facebook, unggahan tersebut menampilkan sebuah foto artikel yang berisi benda menyerupai tubuh manusia sedang duduk yang terbakar, dalam foto tersebut juga terdapat dua pasang kakai sedang berdiri mengenakan celana abu-abu salah satu dari orang tersebut terihat membawa benda menyerupai senapan.

Artikel tersebut berjudul

"KINI VIRAL : SUbhanallah, Plelaki Ini Tetap Meneruskan Solatnya Meskipun Dibakar..."

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Subhanallah, lelaki Ini Tetap Meneruskan Solatnya Meskipun Dibakar Hidup-Hidup oleh tentara Israel. Lihatlah Keteguhan Iman Dia Kepada Yang Maha Kuasa... Jika anda seorang MUSLIM jgn LUPA SHARE artikel ini supaya ramai tahu kekejaman ISRAEL ini."

Benarkah klaim foto lelaki tetap meneruskan salat meski tentara Israel membakarnya? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Foto Masyarakat Italia Buang Uang ke Jalan

Penelusuran klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan. Informasi tersebut beredar lewat aolikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan berupa tangkapan layar uanggahan salah satu akun Facebook. Unggahan tersebut menampilkan dua foto  benda berbentuk lembaran puti persegi panjang berserakan di jalan. Foto yang pertama memperlihatkan benda seperti uang yang berserakan dengan latar belakang bangunan, sedangkan foto kedua menampilkan benda seperti uang yang berserakan dijalan dekat kendaraan berwarna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ini baru kiamat kecil

harta yg selama ini mereka kumpulkan tiada artinya bagi mereka

ini di itali dimana masyarakat di sana kecewa karena hartanya (uang) tidak bisa menyelamatkan orang2 di cintainya maka dari itu mereka membuang uang2nya

Dunia sementara akhirat selamanya"

Benarkah klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.