Sukses

Deretan Hoaks Seputar Presiden Jokowi Terbaru

Hoaks seputar Presiden Jokowi terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Presiden Jokowi terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Presiden Jokowi terbaru? Simak dalam artikel berikut ini...

1. Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi dan Elon Musk Pakai Alat Penerjemah Canggih Saat Bertemu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi dan Elon Musk memakai alat penerjemah canggih saat bertemu 14 Mei 2022 lalu. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Mei 2022.

Berikut isi postingannya:

"INTERMEZZO.

Mereka berkomunikasi memakai bahasa apa?Rahasianya ada di gawai yang mereka pegang.Itu bukan botol minuman melainkan alat penerjemah canggih buatan perusahaan Elon Musk. Semua ucapan mereka langsung diterjemahkan secara otomatis. Sebentar lagi profesi penerjemah dan buku kamus bisa jadi akan terancam hilang."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Presiden Jokowi dan Elon Musk memakai alat penerjemah canggih saat bertemu 14 Mei 2022? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Beri Isyarat Mundur setelah Lebaran? Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) beri isyarat mudur setelah lebaran. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 April 2022.

Unggahan klaim Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran berupa tangkapan layar artikel, dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto Presiden Jokowi, tanggal tayang 26 April 2022 dan kompas.

Selain itu terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jokowi beri isyarat nempaknya akan mundur sehabis lebaran ini. Kegagalan membayar Utang dan Kemarahan rakyat akibat kabinet nya gagal kelola negara adalah faktor utamanya."

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Aminkan gaess 🤲"

Benarkah Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode

Sebuah video yang diklaim acara deklarasi dukung Jokowi 3 periode beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 April 2022.

Video tersebut memperlihatkan deklarasi terhadap Jokowi dari alumni pangudi luhur. Salah satu orang yang memberikan pidato mengatakan bahwa mereka menamakan alumni PL bersatu mendukung Jokowi.

"Saya bacakan dulu alasan kenapa kami berkumpul di sini dan memberikan dukungan kepada Jokowi untuk lanjut memimpin negeri ini satu periode lagi," ucap salah satu deklarator.

Video berdurasi 1 menit 41 detik itu kemudian dikaitkan dengan kabar acara deklarasi mendukung Jokowi 3 periode.

"ACARA DUKUNG 3PERIODE SIPENIPU ULUNG HADIR, DIDEMO MAHASISWA SEINDONESIA DIA KABUR, PURA2 KGK TAU, MENTERINYA DIOMELIN DOANG, MASIH KURANG NGURAS KEKAYAAN NEGARA DAN NAMBAH HUTANGNYA, RAKYAT DIKORBANKAN DGN EKONOMI BIAYA TINGGI KEDEPANNYA, HUH...KELOMPOK EGOIS OLIGARKY," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4.300 kali ditonton dan mendapat 47 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu acara deklarasi dukung Jokowi 3 periode? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.