Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi dan Elon Musk Pakai Alat Penerjemah Canggih Saat Bertemu

Oleh Adyaksa Vidi pada 19 Mei 2022, 13:12 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 13:12 WIB
Cek Fakta Elon Musk dan Presiden Jokowi pakai alat penerjemah canggih
Perbesar
Cek Fakta Elon Musk dan Presiden Jokowi pakai alat penerjemah canggih

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi dan Elon Musk memakai alat penerjemah canggih saat bertemu 14 Mei 2022 lalu. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Mei 2022.

Berikut isi postingannya:

"INTERMEZZO.

Mereka berkomunikasi memakai bahasa apa?Rahasianya ada di gawai yang mereka pegang.Itu bukan botol minuman melainkan alat penerjemah canggih buatan perusahaan Elon Musk. Semua ucapan mereka langsung diterjemahkan secara otomatis. Sebentar lagi profesi penerjemah dan buku kamus bisa jadi akan terancam hilang."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Presiden Jokowi dan Elon Musk memakai alat penerjemah canggih saat bertemu 14 Mei 2022?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan tidak menemukan informasi yang valid terkait klaim dalam postingan. Botol minuman yang dipegang keduanya sudah terlihat di meja sebelum keduanya mengelilingi markas besar SpaceX.

Berikut beberapa foto yang diunggah dalam artikel Liputan6.com pada 15 Mei 2022 lalu.

<p>Presiden Joko Widodo atau Jokowi berdiskusi dengan Elon Musk di markas SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan diskusi singkat dilanjutkan berkeliling melihat fasilitas markas besar SpaceX tersebut. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan diskusi singkat dilanjutkan berkeliling melihat fasilitas markas besar SpaceX tersebut. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan diskusi singkat dilanjutkan berkeliling melihat fasilitas markas besar SpaceX tersebut. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi sendiri bertemu Elon Musk dalam rangka berdiskusi terkait teknologi dan inovasi serta kerjasama kedua belah pihak.

Botol serupa juga pernah diunggah Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia, Anindya Bakrie saat berkunjung ke tempat yang sama pada 27 April 2022 lalu.

Anindya mengunggahnya dalam akun Twitter @anindyabakrie pada 16 Mei 2022. Berikut isi cuitannya:

"Sebagai seorang insinyur dan pengusaha, saya sangat mengagumi dan menikmati kesempatan langka kunjungan ini, karena ini merupakan gabungan dari Science dan Business Art (plus juga Aeronautical dan Interstellar Ambition)"


Kesimpulan

Ilustrasi Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Postingan yang mengklaim Presiden Jokowi dan Elon Musk memakai alat penerjemah canggih saat bertemu 14 Mei 2022 adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya