Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Menag Yaqut Rangkul Ragil Mahardika

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 18 Mei 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 19:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Merangkul Ragil Mahardika (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Merangkul Ragil Mahardika (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Mei 2022.

Dalam foto tersebut, Menag Yaqut tampak merangkul pria mirip Ragil Mahardika. Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor terlihat mengenakan kemeja putih dan peci hitam.

Sedangkan pria mirip Ragil itu mengenakan kemeja hijau dan peci hitam. Keduanya sambil berpose mengangkat jempol ke arah kamera. Foto itu kemudian dikaitkan dengan klaim bahwa Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika.

"Orangnya Ormasnya itu itu juga," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5 kali dibagikan dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Google Images.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Google Images.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya mengarah ke artikel berjudul "[HOAKS] Foto Menteri Agama Rangkul Ragil Mahardika" yang dimuat situs kominfo.go.id pada 15 Mei 2022. Situs kominfo.go.id memberikan stampel hoaks pada foto tersebut.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kominfo.go.id.</p>

 

Beredar di media sosial Twitter sebuah foto yang memperlihatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul seorang pria yang diklaim sebagai Ragil Mahardika, sosok kontroversial yang baru-baru ini disorot setelah tampil di podcast Deddy Corbuzier terkait dengan pernikahan sesama jenis.

Faktanya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi angkat suara dan menegaskan bahwa foto tersebut hoaks. Zainut mengatakan bahwa ahli yang memeriksa menyatakan foto tersebut palsu. Zainut juga menduga ada sekelompok orang yang sengaja membuat informasi hoaks untuk diviralkan di media sosial dengan tujuan agar citra tokoh agama yang kebetulan menjadi pejabat negara di era Presiden Jokowi menjadi buruk.

 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/41808/hoaks-foto-menteri-agama-rangkul-ragil-mahardika/0/laporan_isu_hoaks

 


Kesimpulan

Foto yang diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil manipulasi digital.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya