Deretan Foto Hoaks Sepekan: Warga Italia Buang Uang ke Jalan hingga Menko Luhut Pakai Baju Kemasan Minyak Goreng

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 18 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 17:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim masyarakat Italia membuang uang ke jalan. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto masyarakat Italia membuang uang ke jalan berupa tangkapan layar unggahan salah satu akun Facebook. Unggahan tersebut menampilkan dua foto benda berbentuk lembaran putih persegi panjang berserakan di jalan.

Foto yang pertama memperlihatkan benda seperti uang yang berserakan dengan latar belakang bangunan, sedangkan foto kedua menampilkan benda seperti uang yang berserakan di jalan dekat kendaraan berwarna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"ini baru kiamat kecil

harta yg selama ini mereka kumpulkan tiada artinya bagi mereka

ini di itali dimana masyarakat di sana kecewa karena hartanya (uang) tidak bisa menyelamatkan orang2 di cintainya maka dari itu mereka membuang uang2nya

Dunia sementara akhirat selamanya"

Namun setelah ditelusuri, foto warga Italia membuang uang ke jalan ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut telah beredar online setidaknya sejak Maret 2019 dalam laporan tentang dua insiden terpisah di Venezuela.

Selain foto yang diklaim warga Italia membuang uang ke jalan, terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Menko Luhut Pakai Baju Kemasan Minyak Goreng

Penelusuran klaim foto Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng.

Klaim foto Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng diunggah salah satu akun Facebook, pada 16 April 2022.

Foto yang diunggah menampilkan Menko Luhut sedang berpose tersenyum dengan latar belakang benda berwarna merah seperti bendera dan mengenakan kemeja bergambar berbagai kemasan minyak goreng.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Baju Lebaran ASN ...Wuihh..🤣🤣

#SegalaMerkMigor"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut telah mengalami editan, dalam foto sebenarnya Menko Luhut mengenakan kemeja berwarna putih.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya