Sukses

Hoaks Seputar Pembagian Subsidi Semakin Beragam, dari Pulsa sampai Uang Ratusan Juta

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian subsidi

Liputan6.com, Jakarta- Pemberian subsidi merupakan salah satu cara untuk meringangkan beban masyarakat di tengah pemulihan ekonomi, kabar tersebut tentu menggiurkan sejumlah pihak yang membutuhkan.

Informasi pemberian subsidi tidak semua benar, segelintir oknum menyebar hoaks pembagian susbidi sebagai modus penipuan. Sebab itu sebelum mempercayai informasi tentang pembagian hadiah sebaiknya kita memastikan kebenaran informasi tersebut.

Hal ini merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari hoaks yang dapat merugikan. Untuk memastikan benar atau salah informasi yang diperoleh kita bisa melakukannya sediri secara online, simak carannya dalam halaman berikut ini.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi pembagian subsidi terkini, hasilnya pun sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian subsidi.

1. Subsidi Biaya Komunikasi Rp 2 Juta dari PT Telkom Indonesia

Beredar di media sosial pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Mei 2022.  

Dalam postingannya terdapat link website dengan logo Telkom Indonesia. Postingan tersebut disertai dengan narasi:

"Hadiah Anda adalah: 2000000 Rupiah, ikuti instruksi di halaman berikutnya untuk mengklaim hadiah Anda!

1. Bagikan dengan 5 grup/20 teman di Whatsapp (klik ikon 'Whatsapp" di bawah)

2. Klik "Lanjutkan" dan klaim hadiah Anda."

Lalu benarkah pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hoaks Subsidi Berikutnya

2. PLN Bagikan Subsidi Listrik Sebesar Rp 5 Juta 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"tertiaryparasite.top/pln-76th/tb.php?gjbymmab1651271074345"

Jika tautan tersebut diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut

"Congratulations!

PLN Government Electricity Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

3. Pendaftaran Subsidi Pulsa 250 Ribu dan Kuota 75 GB dari Kemendikbud 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari.

"paket-data.my.id/?v=zubisi

KEMENDIKBUDProgram kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode February!"

Benarkah informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Subsidi Pertamina Rp 189 Juta

4. Subsidi Pemerintah dari Pertamina Rp 189 Juta

Kabar tentang pemerintah membagikan subsidi Rp 189 juta dari Pertamina beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak Minggu 15 Agustus 2021.

Pesan berantai tersebut berisi pemberitahuan bahwa penerima mendapat subsidi pemerintah sebesar Rp 189 juta dari Pertamina. Berikut isinya:

Nomor Anda mndptkan

Subsidi Pemerintah

Rp.189.000.000

PIN PEMEN4NG; FF1178A

Info

WA ;

087747458068

Buka ;

s.id/pertamina-berkah68

Benarkah pemerintah memberikan subsidi Rp 189 juta dari Pertamina? Berikut penelusurannya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.