Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Subsidi Biaya Komunikasi Rp 2 Juta dari PT Telkom Indonesia

Beredar di media sosial pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat link website dengan logo Telkom Indonesia. Postingan tersebut disertai dengan narasi:

"Hadiah Anda adalah: 2000000 Rupiah, ikuti instruksi di halaman berikutnya untuk mengklaim hadiah Anda!

1. Bagikan dengan 5 grup/20 teman di Whatsapp (klik ikon 'Whatsapp" di bawah)

2. Klik "Lanjutkan" dan klaim hadiah Anda."

Lalu benarkah pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka akun resmi PT Telkom Indonesia di Facebook, @TelkomIndonesia yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat bantahan terkait pesan berantai yang beredar dalam postingan yang diunggah pada 10 Mei 2022. Berikut isi postingannya:

"Sobat, telah beredar sebuah informasi tentang tautan atau link berhadiah dari Telkom Indonesia, dalam link itu disebutkan bahwa Telkom akan membagikan subsidi biaya telekomunikasi Pemerintah melalui sebuah kuesioner.

Diimbau agar Sobat yang menerima link tersebut untuk tidak langsung percaya, serta tidak membagikan informasi yang tidak jelas sumbernya. Seluruh informasi resmi terkait Telkom dapat dilihat di sosial media (Telkom Indonesia) dan website (http://telkom.co.id)"

Sumber:

https://www.facebook.com/TelkomIndonesia/photos/a.1037706019574849/5520435727968500/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menawarkan subsidi biaya komunikasi Rp 2 juta dari PT Telkom Indonesia adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.