Cek Fakta: Tidak Benar Anies Baswedan Dapat Gelar 'Amirul Amanah" dari Arab Saudi

Oleh Adyaksa Vidi pada 12 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 10:00 WIB
Cek Fakta Anies Baswedan mendapat gelar dari Arab Saudi.
Perbesar
Cek Fakta Anies Baswedan mendapat gelar 'Pemimpin Amanah' dari Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang menyebut Anies Baswedan mendapat gelar 'Amirul Amanah' atau 'Pemimpin Amanah' dari Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan dengan narasi:

"Alhamdulillah ya Rabb, Gubernur Indonesia, Anies Baswedan mendapat gelar "Amirul Amanah" (Pemimpin yg Amanah" dari Saudi Arabia."

Akun itu juga menambahkan narasi "AMIRUL AMANAH....ALHAMDULILAH..."

Lalu benarkah postingan foto yang menyebut Anies Baswedan mendapat gelar 'Amirul Amanah' atau 'Pemimpin Amanah' dari Arab Saudi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto tersebut pernah dimuat di Kumparan.com dalam artikel berjudul "Anies Baswedan Dapat Hadiah Jubah dari Seorang Syekh di Jeddah" yang tayang pada 8 September 2017.

Berikut isi artikelnya:

"Gubernur DKI Terpilih, Anies Baswedan, mendapat jubah dari President of the Holy Quran Councils, Al Syekh Muafaq Bin Kadasa Al Ghamdi, di sebuah gedung pertemuan di Kota Jeddah pada Kamis (7/9) malam waktu setempat.

Syekh Muafaq memberikan jubah tersebut kepada Anies dalam jamuan makan malam untuk para haji dari Asia dan Afrika. Usai memberikan ceramah dalam acara tersebut, Syekh Muafaq mengundang Anies maju ke depan, lalu mengenakan jubah yang merupakan pakaian kebesaran yang biasa dipakai oleh para syekh dan tokoh kerajaan.

Menurut Syekh Muafaq, pemberian jubah itu merupakan bentuk penghormatan kepada Anies dan wujud kegembiraan atas terpilihnya dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Hadir dalam acara makan malam bersama itu sekitar lima ratus tokoh dari Asia dan Afrika, yang pada tahun ini menunaikan ibadah haji."

Sumber:

https://kumparan.com/kumparannews/anies-baswedan-dapat-hadiah-jubah-dari-seorang-syekh-di-jeddah/full

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-anies-baswedan-dapat-gelar-amirul-amanah-dari-arab-saudi.html


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan foto yang menyebut Anies Baswedan mendapat gelar 'Amirul Amanah' atau 'Pemimpin Amanah' dari Arab Saudi adalah tidak benar.

Faktanya foto tersebut diambil saat Anies mendapat jubah dari Syekh di Jeddah sebagai bentuk penghormatan dan wujud kegembiraan atas terpilihnya Anies sebagai Gubernur DKI tahun 2017 lalu.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya